Dinkes Jatim Ajak Masyarakat Budayakan Hidup Sehat

212 views

Surabaya, SuaraKawan.com – Melalui peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke- 54, Dinas Kesehatan (Dinkes) Jatim mengajak semua elemen masyarakat untuk bersama-sama membudayakan hidup sehat.
Kepala Dinkes Jatim, Kohar Hari Santoso mengatakan, untuk mewujudkan kesehatan masyarakat diperlukan sebuah upaya dalam membudayakan hidup sehat. Menurutnya, melalui momentum HKN ini dapat menjadi semangat dan pengingat akan pentingnya budaya hidup sehat.
Dikatakannya, kesehatan tidak hanya dinilai dari fisik saja melainkan jiwa dan lingkungan juga perlu diperhatikan. Aspek tubuh sangat berkaitan dengan pemenuhan nutrisi dan gizi yang seimbang. Sementara untuk aspek jiwa, hal yang harus dilakukan adalah senantiasa berpikir positif. Adapun aspek lingkungan yaitu selalu menjaga kebersihan lingkungan agar terhindar dari berbagai potensi penyakit.
“Olahraga secara teratur, menjunjung tinggi budaya keselamatan dan jangan lupa untuk mengikuti imunisasi. Hal-hal tersebut perlu diperhatikan untuk membentuk generasi yang cerdas sekaligus sehat tanpa khawatir anak mengalami gagal tumbuh kembang,” terangnya.
Perlu diketahui, HKN yang diperingati setiap tanggal 12 November pada tahun ini mengambil tema “Aku Cinta Sehat”, dengan subtema “Ayo Hidup Sehat, Mulai Dari Kita”. Tema ini sejalan dengan Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dan Program lndonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang menekankan pada upaya promotif dan preventif sebagai pendekatan pembangunan kesehatan.  (gus)

Dinkes Jatim

Posting Terkait