Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Surabaya Gandeng KPU untuk Sosialisasi Bagi Pemilih Pemula

Hupmas, SURABAYA – Sabtu (09/02/2019), Dinas Pengendalian Penduduk, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Surabaya mengadakan sosialisasi bagi pemilih pemula di Gedung Hall Siola Lt. IV, Jalan Tunjungan No. 1 Surabaya.

Sosialisasi dengan tema “Peran Pemuda dalam Menentukan Arah Pembangunan” tersebut diikuti oleh anggota Karang Taruna se-Wilayah Kota Surabaya. Sebagai pembicara hadir perwakilan dari Universitas Negeri Surabaya, Harmanto yang menjelaskan peran pemuda dan sejarah pemuda di Indonesia.

“Peran pemuda di sejarah Indonesia sudah ada sebelum kemerdekaan, seperti Sumpah Pemuda tahun 1928, Kemerdekaan 1945, dan sampai peristiwa 1998 juga pemuda. Kalian sebagai pemuda, itu perannya menentukan arah pembangunan bangsa sangat besar. Hal paling mudah sebagai pemuda harus menggunakan hak pilihnya dalam pemilu,” jelas Harmanto.

Sementara itu, dari KPU Surabaya didapuk menjadi narasumber adalah Ketua KPU, Nur Syamsi yang memaparkan materi sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk pemilih muda.  Mulai dari pengetahuan kepemiluan, peserta pemilu, pengenalan 5 jenis surat suara, tata cara mencoblos, dan peran pemuda dalam pemilu 2019.

“Peran kalian para pemuda dalam pemilu itu sangat besar, jumlah pemilih pemuda itu mencapai 60% dari usia 17 sampai 40 tahun. Pemuda besar pengaruhnya dalam menentukan pemimpin bangsa,” tegas Nur Syamsi.

Lebih lanjut, kedua narasumber menghimbau para peserta yang seluruhnya pemuda untuk aktif dalam mewujudkan pemilu yang damai dan lancar. Pemuda harus menggunakan hak pilihnya, jangan sampai golput, dan datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai wujud rasa peduli terhadap bangsa. Gunakan hak pilihmu karena suaramu menentukan nasib bangsa untuk 5 tahun kedepan. (guh/esar)