Curi Burung Cucak Jenggot, Tiga Pelaku Ditangkap Unit Reskrim Polsek Wonocolo

Tiga pelaku pencurian burung Cucak Jenggot.

Polrestabes Surabaya (09/10/2018) : Tergiur dengan harganya yang cukup tinggi, tiga orang pemuda mencuri seekor burung jenis Cucak Jenggot dari kantor sebuah rental Jl. Sidosermo Puskesmas, Surabaya, Minggu, (07/10/2018).

Ketiga pelaku pencurian burung ini sendiri masing-masing adalah Hanif Ali Nurdin (18) warga Manyar Sabrangan, Surabaya; Erik Dwiyanto (21) warga Ngagel Mulyo, Surabaya; dan Sandro Yoansyah (22) warga Nginden Kota, Surabaya.

Kapolsek Wonocolo Kompol Budi Nurtjahjo mengatakan, aksi pencurian yang dilakukan oleh ketiga pelaku ini, terungkap pada saat anggota Opsnal Unit Reskrim Polsek Wonocolo sedang mencari informasi tentang pelaku Curat di daerah Ketintang, Surabaya.

“Anggota kemudian mencurigai 3 orang laki-laki yang sedang mondar-mandir, sehingga terpaksa dihentikan oleh anggota, lalu dilakukan pemeriksaan terhadap ketiganya,” kata Budi Nurtjahjo.

Dari penggeledahan terhadap badan dan barang bawaan ketiga pelaku, petugas menemukan seekor burung jenis Cucak Jenggot dalam kondisi mati dari dalam tas pelaku Hanif Ali Nurdin. Anggota pun melakukan interogasi.

Barang bukti yang disita petugas dari ketiga pelaku maling burung Cucak Jenggot.

Saat di interogasi, kepada petugas Hanif mengaku bahwa burung jenis Cucak Jenggot ini adalah milik orang lain yang telah dicuri bersama kedua rekannya, yakni Erik Dwiyanto dan Sandro Yoansyah di daerah Sidosermo, Surabaya sekitar pukul 00.30 WIB.

“Dari pengakuan ketiga pelaku ini, anggota melakukan pengembangan dengan mengeler ketiganya untuk menunjukkan tempat dimana mereka melakukan pencurian,” terang Budi Nurtjahjo.

Saat tiba di lokasi pencurian, yakni Jl. Sidosermo Puskesmas, Surabaya, petugas bertemu dengan Agus Haryono pemilik burung tersebut, dan mengaku bahwa memang baru saja terjadi pencurian. Agus juga mengaku bahwa burung itu dibelinya seharga Rp. 500 ribu.

“Pencurian ini dilakukan dengan cara tersangka mengambil burung di dalam sangkar yang digantung di teras rumah korban,” tandas Budi.

Dengan menyita barang bukti berupa seekor burung jenis Cucak Jenggot yang sudah mati, sebuah sangkar burung warna hitam, dan sebuah tas pinggang warna biru, ketiga pelaku Hanif Ali Nurdin, Erik Dwiyanto, dan Sandro Yoansyah dijerat dengan Pasal 363 KUHP.***rh

Laporan : Kasi Humas Polsek Wonocolo.

Editor : Saiful.