CFD Ramai Pengunjung, Polantas Sosialisasikan Keselamatan Berkendara

26 views

Polres Trenggalek – Car Free Day (CFD) yang digelar di alun-alun Trenggalek setiap hari Minggu pagi hampir bisa dipastikan ramai oleh pengunjung. Padatnya masyarakat yang beraktivitas pagi baik sekedar jalan-jalan ataupun berolahraga bersama keluarga dan handai tolan dimanfaatkan oleh petugas Kepolisian untuk mengkampanyekan tertib berlalu lintas.

Sedikitnya puluhan polisi yang didominasi oleh jajaran Satlantas yang juga terlibat dalam pengamanan kegiatan CFD tersebut menyapa masyarakat yang kebetulan hadir dialun-alun. Disela-sela kegiatan pengamanan inilah, para Polantas ini aktif menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas khususnya terkait bidang kelalulintasan. Minggu (9/2).

Selain itu, terlihat pula beberapa Polisi Wanita (Polwan) yang berkeliling sembari membagikan leaflet kepada para pengunjung yang berisi tentang imbauan tertib berlalu lintas dan tips-tips berkendara yang aman dan berkeselamatan.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K., menegaskan kampanye atau sosialisasi tertib berlalu lintas bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Petugas dilapangan dituntut kreatif untuk melihat peluang berikut metode yang diterapkan sehingga hasil kampanye tersebut lebih optimal dan sesuai dengan yang diharapkan.

“Sosilaisasi dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjtan. Saat Car Free Day, sasaran kampanye lebih beragam karena masyarakat yang hadir terdiri dari berbagai macam usia dan lintas profesi.” Jelas AKP Randy

“Disinilah tantangannya. Petugas harus bisa memilih pendekatan yang kreatif dan interaktif sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima oleh semua elemen masyarakat.” Imbuhnya.

Sementara itu Kaurbinops Satlantas Iptu Suwanan, S.H. menuturkan, sedikitnya 15 orang dilibatkan dalam pengamanan sekaligus kampanye tertib berlalu lintas tersebut. Masing-masing telah dibagi dan disebar pada titik-titik dilingkar alun-alun Trenggalek.

“Sebelumnya sudah kita instruksikan agar turut aktif berinteraksi. Dengan begitu akan tumbuh kedekatan antara Polri dengan masyarakat. Jadi tidak sekadar pengamanan tetapi ada komunikasi dua arah yang terbangun.” Tutur Iptu Suwanan.

Khusus para Polwan lanjut Iptu Suwanan, ditugaskan berkeliling dan membagikan leaflet yang telah disiapkan. Masyarakat juga bisa bertanya langsung kepada petugas tentang apa saja terkait dengan kelalulintasan. Mulai dari aturan perundang-undangan hingga soal pelayanan Kepolisian lainnya.

“Kita siapkan ratusan lembar leaflet yang dibagikan dengan berbagai macam design menarik dan tentunya imbauan atau pesan Kamtibselcarlantas” Pungkasnya

Diharapkan kampanye ini bisa menjangkau lebih luas dan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat serta pentingnya tertib dan keselamatan berlalu lintas.

Posting Terkait