Bupati Indramayu Anna Sophana Letakkan Jabatan demi Bisa Bersama Keluarga

Indramayu (Suarakawan.com) – Bupati Indramayu, Anna Sophana membuat keputusan mengejutkan. Anna meletakkan jabatannya sebagai Bupati Indramayu agar memiliki banyak waktu bersama dengan keluarga. Dia pun telah melayangkan surat pengunduran diri sebagai Bupati Indramayu kepada Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Indramayu, Tedy R Lantri membenarkan adanya surat tersebut.

“Ada dua surat yang dilayangkan, surat secara pribadi dan surat secara kelembagaan terkait pengunduran diri. Kedua surat itu masuk di hari yang sama,” kata Tedy di kantor DPRD Indramayu, Jawa Barat, Selasa (6/11/2018).

Lebih lanjut Tedy mengatakan, pihaknya telah menyiapkan agenda rapat paripurna terkait penyampaian pengumuman pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophana.

“Rabu (7/11/2018) besok kita akan gelar rapat paripurna terkait pengunduran bupati. Suratnya sudah kita layangkan,” kata Tedy.

Sementara itu, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengaku sudah menerima surat pengunduran diri dari Anna. Ia mengaku segera akan mengirimkannya kepada kemendagri.

“Harap diingat, Gubernur itu bukan pengambil keputusan. Yang ambil keputusan Kemendagri,” ucapnya.

“Alasannya lebih banyak alasan keluarga. Jadi bukan urusan kedinasan, jadi ingin lebih mengurusi keluarga di sisa waktunya yang mungkin selama ini agak terkendala karena kedinasan luar biasa,” kata Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil.

Hal itu juga dikatakan Kabag Persidangan Sekretariat DPRD Indramayu Tedy R Lantri. Menurutnya Anna melayangkan dua surat terkait pengunduran dirinya. Satu surat pribadi, surat lainnya kelembagaan.

“Alasannya karena fokus mengurus rumah tangga. Selain itu ingin fokus berbakti kepada orang tuanya,” ujar Teddy.

Surat pengunduran diri akan dikirimkan segera ke kemendagri untuk diproses. Apabila pengunduran dirinya diterima, wakilnya yaitu Supendi otomatis akan menempati posisi Anna.

Seperti diketahui, Anna Sophana menjadi Bupati Indramayu sejak tahun 2010 didampingi wakilnya, Supendi. Pada Pilkada serentak 2015, Anna Sophana kembali maju berpasangan dengan Supendi. Pasangan petahana itu kembali terpilih sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indramayu periode 2016-2021.(dtc/ziz)