Bimtek Persiapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pemilu 2019 KPU Jatim

Hupmas, GRESIK –  Selama 2 (dua) hari, mulai hari Kamis tanggal 14 Februari sampai dengan Jumat, tanggal 15 Februari 2019, guna persiapan pelaksanaan  Pemungutan dan Perhitungan Suara serta Penetapan Hasil Pemilu Tahun 2019 dan Pelatihan Penggunaan Sistem Informasi Penghitungan Suara  (Situng) Pemilu 2019, KPU Provinsi Jawa Timur adakan bimbingan teknis (bimtek) dengan 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Bertempat di Hotel HOM Premiere by Horison Gresik, Jalan Kalimantan No. 12A, Gresik Kota Baru, bimtek mengundang anggota KPU Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, anggota KPU  Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM, serta Kasubbag  Teknis dan Hupmas/ Koordinator Situng Pemilu 2019.

Hadir mewakili KPU Surabaya dari Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu, Nurul Amalia, Divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas, Muh. Kholid Asyadulloh, serta Kasubbag Teknis dan Hupmas, Endang Sri Arti Rahayu yang juga menjadi Koordinator SITUNG Pemilu 2019.

Muhammad Arbayanto, selaku anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggara menjelaskan bahwa bimtek akan difokuskan pada 2 hal, yakni pemungutan penghitungan Suara dan rekapitulasi. Terkait dengan perhitungan dan pembacaan perolehan suara sudah diatur urutannya yaitu Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kab/Kota.

“Harus ditekankan kepada penyelenggara di tingkat TPS bahwa penghitungan dan pembacaan dimulai dari Presiden dan Wakil Presiden, dilanjutkan dengan pembacaan Pemilihan Anggota DPR RI, Pemilihan Anggota DPD RI, Pemilihan Anggota DPRD Provinsi kemudian hasil Penghitungan dan Rekapitulasi Pemilihan Anggota DPRD Kab/Kota,” jelas Arba.

Selain itu, dalam bimtek juga membahas persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). (guh/esar)