SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

BHS Minta Pemerintah Kendalikan Harga 11 Komoditas Pangan Jelang Lebaran

 

BHS saat melakukan Sidak di Pasar Larangan Candi

(SIDOARJOterkini) – Pemerintah pusat dan daerah harus mengendalikan harga 11 komoditas pangan jelang lebaran. Hal tersebut disampaikan Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra Bambang Haryo Soekartono saat mengunjungi Pasar Larangan Candi Sidoarjo, Rabu 21 April 2021.

Dikatakan Bambang Haryo Soekartono (BHS),hal tersebut harus dilakukan pemerintah sebagai langkah antisipasi melonjaknya harga 11 komoditas pangan akibat naiknya kebutuhan masyarakat untuk keperluan lebaran. Apalagi, saat ini adanya larangan mudik saat libur panjang Idul Fitri Tahun 2021.

“Pemerintah daerah dan pusat harus bisa kendalikan harga 11 komoditas pangan jelang lebaran,”ungkapnya.

Dipaparkan BHS, menurut UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pangan. Pemerintah harus menjamin ketersediaan barang yang cukup, harganya terjangkau sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah dan barangnya mudah didapat.

Adapun kesebelas komoditi pangan tersebut adalah beras, jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi/kerbau, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng. Di pasar Larangan Candi, harga kesebelas komoditas pangan tersebut masih relatif stabil

“Harga daging ayam masih Rp 37.000 per kilogram, daging sapi Rp 100.000 per kilogram serta harga bawang masih Rp 40.000 dari sebelumnya Rp 120.000 per kilogram,”paparnya usai melihat dan berdialog dengan beberapa pedagang.

Di Sidoarjo lanjut BHS, banyaknya masyarakat dari kalangan pekerja yang bekerja di 16.000 industri, tentu saat lebaran akan tetap berada di Sidoarjo karena larangan mudik lebaran, kebutuhan pangan pasti akan melimpah, hal ini harus ada langkah antisipasi pemerintah.

“Kebutuhan pangan dipastikan akan melonjak karena larangan mudik,”ucapnya.

Menurut BHS, langkah yang harus diambil sebagai antisipasi adalah dengan menetapkan Harga Eceran Tertinggi (HET) terhadap sebelas komoditi pangan tersebut. Apabila harga masih melonjak maka harus dilakukan operasi pasar.

“Mekanisme operasi pasar harus dilakukan apabila terjadi lonjakan harga,”tandasnya.(st-12/cles)

The post BHS Minta Pemerintah Kendalikan Harga 11 Komoditas Pangan Jelang Lebaran appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

Kapolresta Mojokerto Bekali Pesan Khusus Kepada Anggota

Redaksi Mojokerto

Pemenang Lomba SidoResik Diumumkan, Berikut Desa yang Menjadi Juara

redaksi

Pemotor Asal Suwaluh Tewas Ditabrak Truk di Jalan Kletek Taman

redaksi