SuaraKawan.com
Terkini

Bersama Instansi Terkait, Polres Trenggalek Rutin Laksanakan Ops Yustisi

Polres Trenggalek – Upaya pencegahan dan percepatan penanganan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek terus digencarkan. Selain sosialisasi secara masif dan berkesinambungan, penegakan disiplin sebagai langkah penegakan hukum pun terus dilakukan.

Operasi yustisi masih menjadi pilihan tepat dalam rangka meningkatkan kesadaran kolektif masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara konsisten. Hal inilah yang dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek bersinergi bersama Kodim 0806 dan Satpol PP dan Dinas perhubungan.

Bertempat di Pasar Bendo Pogalan sejumlah petugas gabungan tersebut menggelar operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan. Setiap kendaraan yang melintas baik roda dua maupun roda empat dihentikan sejenak dan dilakukan pengecekan protokol kesehatan khususnya penggunaan masker dan jaga jarak antar penumpang. Selasa, (08/02).

Kasihumas Polres Trenggalek Iptu Suswanto, S.H. mengatakan operasi yustisi masih terus dilaksanakan secara rutin. Dalam sehari operasi bisa dilakukan beberapa kali dengan waktu dan lokasi yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan upaya menakan laju penyebaran Covid-19 di Kabupaten Trenggalek.

“Tidak ada kata kendor untuk mengimbau kepada segenap masyarakat Kabupaten Trenggalek untuk tetap mematuhi protokol kesehetan saat beraktivitas. Memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan. Penegakan protokol kesehatan ini kita harapkan bisa lebih optimal, terlebih saat ini sudah ditemukan varian Omicron di beberapa daerah yang diketahui lebih cepat menular.

Iptu Suswanto menegaskan, untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari seluruh elemen masyarakat. Pola preventif humanis didukung tindakan tegas bagi para pelanggar dinilai cukup efektif untuk menekan penularan virus berbahaya tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menahan diri dengan tidak melakukan mobilitas jika tidak benar-benar mendesak.

Dalam operasi yustisi kali ini, petugas gabungan menindak tegas warga yang melanggar protokol kesehatan yang lebih banyak didominasi oleh pelanggaran tidak mengenakan masker. Petugas memberikan sanksi tegas berupa teguran, sanksi sosial hingga administrasi.

Related posts

Mengedepankan Sikap Humanis, Sat Lantas Polresta Banyuwangi Gelar Ops Keselamatan 2022

Wong Nggalek

Kejar Herd Immunity Jelang Puasa, Kapolres Nganjuk Terus Lakukan Percepatan Vaksinasi

Wong Nggalek

Pengunjung Polres Probolinggo Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Redaksi Mojokerto