Banjir Purworejo Rendam 16 Desa

200 views

Purworejo (Suarakawan.com) – Bencana banjir merendam sedikitnya 16 desa di wilayah Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah. Banjir dipicu curah hujan tinggi yang membuat beberapa sungai di wilayah Purworejo meluap.

Beberapa desa di Purworejo yang terendam banjir antara lain Desa Klepu di Kecamatan Butuh, Desa Tangkisan dan Krandegan di Kecamatan Bayan, kemudian Desa Bapangsari di Kecamatan Bagelen.

Desa lain yang juga ikut tergenang yakni Desa Bugel Kecamatan Purwodadi. Empat desa di Kecamatan Grabag yang terendam adalah Desa Bendungan, Wonoenggal, Ketawang dan Nambangan. Sementara di Kecamatan Ngombol ada Desa Pundensari dan Wingko Sanggrahan.

“Untuk di Kecamatan Butuh masih ada desa lain yang juga terdampak antara lain Desa Polomarto, Kedungsari, Karangsari, Kedung Agung dan Kunirejo. Di Desa Kunirejo ini ada tanggul yang jebol,” kata Kepala BPBD Purworejo, Sutrisno, Kamis (17/1/2019).

Selain tanggul jebol, banjir setinggi 30 hingga 90 cm tersebut juga disebabkan adanya luapan air sungai di beberapa titik. Sungai yang meluap antara lain Sungai Dlangu, Jali, Dulang, Bogowonto, Dungus, dan Lereng.

Demi menjaga keamanan, puluhan warga pun dievakuasi dengan perahu karet ke tempat yang lebih aman sejak semalam. Bantuan logistik hingga pagi ini juga sudah didistribusikan. Warga juga diimbau untuk tetap waspada.

“Semalam puluhan warga sudah kami evakuasi ke tempat yang aman. Kami imbau warga juga tetap waspada dan semoga hari ini tidak hujan agar banjir cepat surut sehingga warga bisa berktifitas kembali,” tutupnya.(dtc/ziz)

banjir

Posting Terkait