Banjir Lamongan, 9 Desa di 3 Kecamatan Terendam

Tidak ada komentar 69 views

Lamongan (Suarakawan.com) – Wilayah Jawa Timur saat ini benar-benar dikepung bencana banjir. Setelah wilayah Ngawi, Madiun, Tulungagung, dan Trenggalek, banjir juga menenggelamkan wilayah Kabupaten Lamongan. Sedikitnya 9 desa di 3 kecamatan di Lamongan tergenang akibat luapan Sungai Bengawan Solo. Tiga kecamatan itu yakni Kecamatan Babat, Kecamatan Laren dan Kecamatan Maduran.

Berdasar data BPBD Lamongan, banjir di Kecamatan Babat terjadi di Kelurahan Banaran. Sedangkan di Kecamatan Maduran banjir melanda Desa Jangkungkusumo. Di Kecamatan Laren banjir akibat luapan Bengawan Solo tersebar di 7 desa.

Kasi Penanggulangan Bencana BPBD Lamongan, Muslimin mengatakan, 7 desa ini ada di Desa Laren, Duri Kulon, Keduyung, Pesanggrahan, Mojoasem, Bulutigo dan Plangwot.

“Data sementara yang masuk banjir akibat luapan Sungai Bengawan Solo ada di 2 kecamatan itu, yaitu di Kecamatan Babat dan Kecamatan Laren,” jelas Muslimin, Jumat (8/3/2019).

Luapan Bengawan Solo ini, kata Muslimin, mengakibatkan ratusan rumah warga di 3 kecamatan terendam banjir dengan ketinggian 20 cm-50 cm. Selain itu, banjir juga merendam ratusan hektar lahan pertanian.

“Air kiriman dari hulu memang sudah mulai datang ke wilayah Lamongan, sehingga merendam lahan pertanian,” jelasnya.(dtc/ziz)

Tag: