Banjir di Aceh Selatan Paksa Ratusan Warga Mengungsi

Ilustrasi

Banda Aceh (Suarakawan.com) – Sedikitnya 244 jiwa atau 59 kepala keluarga korban banjir di Kabupaten Aceh Selatan mengungsi ke sejumlah tempat, Senin (17/12/2018).

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan menyebutkan, pengungsi tersebar di dua titik yaitu di Desa Lhok Raya, Kecamatan Trumon Tengah, persisnya di Kompi Detasemen B Brimob Trumon Tengah sebanyak 39 kepala keluarga atau 148 jiwa.

Dari jumlah itu, terdapat 10 warga lanjut usia, 9 bayi di bawah lima tahun, dan delapan bayi. Sedangkan di Desa Cot Bayu, Kecamatan Trumon Tengah, terdapat 10 kepala keluarga mengungsi atau 50 jiwa.

Petugas Pusat Data dan Informasi BPBD Aceh Selatan, Azhar Idris menyebutkan, sepanjang hari barang yang dibutuhkan pengungsi yaitu makanan bayi, selimut, dan bahan makanan.

Tim terpadu, sambung Azhar, juga mulai menyalurkan bantuan masa panik. Selain itu, banjir juga mulai merendam kawasan pemukiman di Kecamatan Trumon Timur. Sebanyak empat desa yaitu Desa Seunuebok Pusaka, Titi Poben, di Kecamatan Trumon Timur, terendam satu sampai dua meter. Sedangkan di Kecamatan Trumon Tengah, Desa Lhok Raya dan Cot Bayu, ketinggian air mencapai satu hingga satu setengah meter.

“Untuk kawasan Trumon Timur kita pantau terus, tim terus siaga di lokasi untuk kebutuhan evakuasi. Sampai saat ini, masyarakat masih bertahan,” kata Azhar. Sebelumnya diberitakan banjir merendam kawasan Kabupaten Aceh Selatan. Ketinggian air mencapai dua sampai tiga meter. Dampaknya ratusan masyarakat mengungsi.(kcm/ziz)

banjir

Related Post