Antisipasi Tahanan Kabur, Petugas Cek Rutan Polres Trenggalek

24 views

Polres Trenggalek – Seksi Profesi dan Pengamanan (Sipropam) bersama Perwira siaga dan piket fungsi Polres Trenggalek melakukan pengecekan dan pemeriksaan terhadap kondisi ruang tahanan. Pengecekan dilakukan untuk mengetahui secara pasti tentang jumlah, kesehatan dan keadaan ruang tahanan. Minggu (29/9).

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.H., M.H. menegaskan pengecekan tersebut pada dasarnya merupakan rutinitas sehari-hari yang dilaksanakan sebelum apel serah terima piket fungsi setiap jam 8 pagi.

“Salah satu protap sebelum apel serah terima piket adalah pengecekan jumlah dan kondisi tahanan. Jadi yang menerima nanti bisa memindak lanjuti jika ada masalah, misal tahanan sakit bisa segera didatangkan tenaga medis atau harus dirujuk kerumah sakit Polri.” Jelas AKBP Jean Calvijn.

Pengecekan ruang tahanan masih kata AKBP Jean Calvijn, selain tahanan secara fisik juga mencakup barang bawaan termasuk fasilitas yang ada. Semua dilakukan pengecekan secara detail dan dicatat dalam pembukuan mutasi.

“Antisipasi jangan sampai ada barang-barang berbahaya yang dapat digunakan untuk melukai, melawan petugas atau melarikan diri.” Imbuhnya

Namun demikian, lanjut AKBP Jean Calvijn semua dilakukan dengan tetap mengedepankan humanisme. Hak-hak tahanan wajib diberikan penuh, dari soal makanan yang layak, ibadah, olahraga hingga kunjungan keluarga.

“Apapun itu, siapapun mereka dan apa yang telah dilakukan. Kita hormati mereka sebagai sesama manusia. Ada batasan-batasan tetapi hak mendasar tetap harus diberikan.” Pungkasnya.

Dari pengecekan tersebut tercatat jumlah tahanan sebanyak 8 orang dalam keadaan lengkap dan sehat serta tidak ditemukan barang-barang berbahaya.

Polres Trenggalek

Posting Terkait