SuaraKawan.com
Headline Sidoarjo

Angka Pengangguran di Kabupaten Sidoarjo Mencapai 288 Ribu Orang

(SIDOARJOterkini) – Angka pengangguran mencapai 288 ribu orang, atau sekitar 10,98 persen dari jumlah penduduk di Kabupaten Sidoarjo, hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sidoarjo Achmad Muhdlor Ali saat menutup kegiatan pelatihan Barista dan SPA Refleksiologi bagi warga Jabon di Kantor Kecamatan Jabon, Rabu 17 Maret 2021.

“Diharapkan dengan pelatihan ketrampilan kerja yang dilakukan Pemkab Sidoarjo, dapat menekan jumlah pengangguran yang ada,”ungkap Muhdlor.

Karenanya lanjut Bupati, semua pihak diharapkan bahu membahu mengatasi permasalahan pengangguran. Kerja keras, kerja bersama diharapkan dilakukan bersama. Dinas Tenaga Kerja merupakan leading sektor dalam kegiatan pelatihan ketrampilan diharapkan mampu untuk menekan jumlah pengangguran tersebut.

“Termasuk keberadaan desa yang menjadi ujung tombak, kepada pihak kecamatan harus mampu mengkoordinir setiap desa untuk ikut bahu-membahu menangani pengangguran,”ucapnya.

Kepada peserta pelatihan, Bupati meminta untuk terus meningkatkan keahliannya, dan bisa mengupgrade dirinya selepas mengikuti pelatihan. Pemkab. Sidoarjo sendiri akan menyiapkan modal usaha dengan bunga ringan bagi yang berminat membuka usaha. Pertahun hanya 3 persen bunga yang dikenakan.

“Kami tidak menganjurkan hutang, tapi kalau kemudian jenengan mau buka warung, baristanya jalan, kami menyiapkan itu (modal usaha), bunganya 3 persen pertahun,”ucapnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Sidoarjo Feny Apridawati mengatakan akan ada pendampingan kepada peserta pelatihan pasca pelatihan. Dirinya telah melakukan MoU dengan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida). Peserta pelatihan dapat berkonsultasi dengan pihak Umsida apabila nantinya mengalami kesulitan dalam berusaha.

“Bapak ibu nantinya andaikata ada kesulitan dalam berusaha, perlu jalan keluar, monggo menghubungi Umsida, karena Umsida dengan dinas Tenaga Kerja sudah melakukan MoU untuk melakukan pendampingan terhadap peserta-peserta pasca pelatihan,”tandasnya.(cles)

The post Angka Pengangguran di Kabupaten Sidoarjo Mencapai 288 Ribu Orang appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)

Related posts

PGN Gandeng Pegadaian, Tingkatkan Kemudahan Pembayaran Tagihan GasKita

redaksi

Bambang Haryo Beri Bantuan Seng dan Sembako Korban Puting Beliung di Desa Balongdowo Kecamatan Candi

redaksi

Gelar Piramida Kapolres Ajak Makan Siang Bersama Media

Redaksi Mojokerto