Amankan Aksi Longmarch, Polres Trenggalek Turunkan Polwan Asmaul Husna

24 views

Polres Trenggalek – Pengamanan aksi longmarch oleh salah satu elemen masyarakat di gedung DPRD Kabupaten Trenggalek berlangsung aman, lancar dan damai.

Petugas Kepolisian yang terlibat pengamanan sejak awal telah diinstruksikan oleh Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H. agar mengedepankan sikap humanis tanpa mengurangi sikap tegas dalam bertindak.

“Kita gunakan pendekatan preemtif dan humanis, sepanjang massa bisa dikendalikan dengan tertib” demikian kata AKBP Jean Calvijn saat memimpin Apel pengamanan di halaman Mapolres pagi tadi. Senin (30/9).

Menindaklanjuti hal tersebut, Polres Trenggalek menerjunkan pasukan Polwan Asmaul Husna yang bertugas di garis depan sebagai cooler system. Pasukan ini beranggotakan puluhan Polwan yang sudah dilatih dengan beragam keterampilan baik melantunkan Asmaul Husna maupun bertindak sebagai mediator dan negosiator.

“Kita tempatkan didepan untuk mendinginkan situasi dan mencegah terjadinya aksi kekerasan ataupun tindakan lain yang bersifat destruktif.” Ujar AKBP Jean Calvijn

“Sampai akhir kegiatan, berjalan aman, tertib, lancar dan damai.” Ucap Jean Calvijn

Untuk diketahui, dalam rangka mengamankan aksi longmarch dari elemen masyarakat yang mengatasnamakan Aliansi Rakyat Trenggalek (ART) menuntut penolakan RKUHP dan RUU KPK tersebut, pihak kepolisian menurunkan sedikitnya 172 personel. Keseluruhan terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya Dalmas awal dan Dalmas inti, pasukan Polwan Asmaul Husna, tim negosiator, tim tindak, pengawalan dan tim tirai serta patroli mobile.

Polres Trenggalek

Posting Terkait