Aliran Listrik di Seluruh Sulawesi Terganggu Akibat Pembangkit PLN Rusak

Makassar (Suarakawan.com) – Gara-gara pembangkit listrik PLN rusak, aliran listrik di tiga provinsi di Sulawesi padam. Ketiga provinsi yang mengalami pemadaman listrik total yakni Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tengah.

General Manager (GM) Unit Induk Pembangkit dan Penyaluran PT PLN Sulselrabar, Purnomo Ishag mengatakan, pemadaman listrik tanpa pemberitahuan tersebut disebabkan oleh tiga faktor.

Faktor pertama yakni akibat kerusakan transmisi di Wilayah Kota Makale, Kabupaten Toraja yang menghubungkan dengan Kabupaten Luwu di Wilayah Kota Palopo.

Faktor kedua karena adanya kerusakan sistem pembangkit di Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat yang berdampak terhadap terjadinya under frequency.

Faktor kedua tersebut menyebabkan faktor ketiga, yakni menyebabkan sejumlah pembangkit lainnya ikut lepas. Dengan begitu, terjadi pelebaran pemadaman listrik secara total di sejumlah wilayah Sulawesi bagian selatan yang mencakup tiga provinsi.

“Untuk sementara, kami upayakan perbaikan sementara. Suplai listrik setelah terjadinya pemadam total di tiga provinsi bagian timur baru mencapai beberapa persen. Provinsi Sulawesi Tengah telah mendapat suplai listrik sebesar 45 persen dan Sulawesi Selatan baru mencapai 60 persen. Sedangkan Sulbar, masih mengalami padam total,” katanya.

Purnomo tak lupa mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh warga tiga provinsi di Sulawesi terkena pemadaman total listrik akibat kerusakan pembangkit PLN.(kcm/ziz)

Tag: