AKBP Jean Calvijn Simanjuntak Harap Da`i Millenial Tangkal Radikalisme

38 views

Polres Trenggalek – Menghadapi berkembangnya paham radikal di Indonesia utamanya di Kabupaten Trenggalek, diperlukan peran serta generasi millenial yang memiliki wawasan dan ilmu keagamaan yang mumpuni. Da`i Millenial ini nantinya diharapkan dapat membantu tugas-tugas Kepolisian dalam menangkal Paham Radikalisme.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak, S.I.K., M.H, saat menjadi narasumber utama dalam acara Focus Group Discussion (FGD) bersama MUI Kabupaten Trenggalek di gedung Bawarasa Pendopo Kabupaten Trenggalek. Selasa (15/10)

“Bentuk atau wujud Radikalisme tidak hanya ada di dunia nyata melainkan juga di dunia maya” Jelas AKBP Jean Calvijn

“Nah, Generasi Millenial ini merupakan salah satu yang menjadi sasaran paham Radikal. Untuk Itu yang bisa kita lakukan adalah menurunkan para Da`i muda ini untuk membantu pencegahan.” Imbuhnya

Masih kata AKBP Jean Calvijn, Para Dai` Millenial tersebut nantinya bisa membantu menjelaskan dengan melakukan pendekataan keagamaan, sosialisasi kepada masyarakat khususnya usia dini dan produktif sehingga tidak terjebak dalam kelompok yang berpotensi mengusung paham-paham Radikal.

“Outcomenya adalah masyarakat merasa aman dan nyaman serta Kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Trenggalek” Ujar AKBP Jean Calvijn.

AKBP Jean Calvijn memberikan apresiasi kepada MUI dan Kemenag Trenggalek yang telah menginisiasi kegiatan tersebut.Pihaknya yakin dan percaya berawal dari FGD ini bisa membawa Trenggalek menjadi aman dan lebih baik lagi.

“Apa yang kita hasilkan dari diskusi hari ini tidak berhenti sampai disini. Kedepan, akan ada tindak lanjuti kembali bekerjasama dengan MUI dan Kemenag termasuk pendampingan terhadap para Da`i Kamtibmas terkait dengan pemanfaatan IT sebagai sarana dakwah yang efektif sekaligus menangkal paham Radikalisme.” Pungkasnya.

Untuk diketahui, Polres Trenggalek bekerjasama dengan MUI, Pemkab, Kemenag dan Baznas Kabupaten Trenggalek menggelar FGD dengan tema Peran Da`i Millenial Dalam Menangkal Paham Radikal. Turut Hadir dalam acara tersebut antara lain, Ketua MUI Kabupaten Trenggalek Dr KH Safi’i Ismail M.H.I. beserta pengurus, Perwakilan Kemenag Trenggalek, Pejabat Utama Polres dan Kodim 0806 serta perwakilan NU dan Muhammadiyah.

Polres Trenggalek

Posting Terkait