SuaraKawan.com
Headline JT Sidoarjo

Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Membaca Intensif Dengan Menggunakan Media Kartu Paragraf Pada Siswa Kelas 5 MI Mambaul Ma’arif NU Krembung Kabupaten Sidoarjo

(Penelitian Tindakan Kelas pada Materi Ide Pokok Muatan Bahasa Indonesia Tema 5 Kelas 5 MI Mambaul Ma’arif NU Krembung Kabupaten Sidoarjo)

Oleh: KHOLIPAH RUSDIANA, S.Pd.

Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan yakni kesulitan yang dialami oleh siswa kelas 5 MI Mambaul Ma’arif NU Krembung pada materi menemukan ide pokok paragraf, selain itu juga terjadinya miskonsepsi pada beberapa siswa yang beranggapan bahwa ide pokok itu selalu berada di kalimat pertama dalam sebuah paragraf.

Hasil belajar siswa pada kegiatan pra siklus yaitu 22 siswa, dengan rincian siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 70 hanya sebanyak 9 orang siswa atau sebesar 40,90% dari keseluruhan jumlah siswa kelas 5. Oleh karena itu perlu diadakan perbaikan pembelajaran melalui membaca intensif dengan media kartu paragraf.

Berdasarkan permasalahan pokoknya yaitu Bagaimana efektivitas penggunaan metode membaca intensif dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf? Bagaimana efektivitas penggunaan media pembelajaran kartu paragraf dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf? Adakah peningkatan kemampuan menentukan ide pokok paragraf setelah menggunakan metode membaca intensif dan media kartu paragraf?

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode membaca intensif dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf, untuk mengetahui efektivitas penggunaan media kartu paragraf dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf, dan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf.

Adapun manfaat dari penelitian ini yakni sebagai bahan pengembangan teori-teori pengajaran ide pokok paragraf, dan referensi dalam mengembangkan teori-teori dalam menentukan ide pokok paragraf. Metode penelitan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan model Kurt Lewin melalui empat tahapan penelitian yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.

Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada penelitian yang telah diterapkan ini terdapat peningkatan. Metode membaca intensif dan media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf. Pada siklus I ketuntasan siswa meningkat dengan pencapaian nilai KKM 70 sebanyak 15 siswa atau sebesar 68,18%.

Selanjutnya ketuntasan belajar siswa meningkat lagi menjadi 86,36% pada siklus II, yakni dari 22 siswa yang tuntas atau mencapai nilai KKM 70 sebanyak 19 siswa. Jadi metode membaca intensif dan media kartu paragraf dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf.

The post Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menemukan Ide Pokok Paragraf Melalui Membaca Intensif Dengan Menggunakan Media Kartu Paragraf Pada Siswa Kelas 5 MI Mambaul Ma’arif NU Krembung Kabupaten Sidoarjo appeared first on SIDOARJO TERKINI.

Sumber : Sidoarjo Terkini (Jejaring JatimTerkini.com)


Related posts

Jelang Lebaran, Pemkab Sidoarjo Gelar Pasar Murah Ramadhan

redaksi

Komunitas Debu Langit Buka Gerai Pakaian Bekas Layak Pakai Gratis di Sidoarjo Untuk Dhuafa

redaksi

Relawan Barokah Berkelas Tulangan Bertekad Menangkan Kelana-Astutik

redaksi