SuaraKawan.com
Politik

KPU RI Launching Pilot Project “Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3)” Di Kota Surabaya

 

Hupmas, SURABAYA – Rabu siang (13/10/2021), KPU RI meresmikan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di Kelurahan Semolowaru Kecamatan Sukolilo, Surabaya.

Launching dan Pengukuhan Kader DP3 dilaksanakan di Pendopo Kelurahan Semolowaru, Jalan Sukosemolo Nomor 160 Surabaya oleh Arief Budiman, Anggota KPU RI bersama Walikota Surabaya, Eri Cahyadi.

Arief dalam acara menyampaikan bahwa program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan merupakan program yang sudah dirancang oleh KPU RI sejak tahun 2014 dan sebelumnya dikenal sebagai Relawan Demokrasi (Relasi).

Program DP3 telah dilaksanakan di 34 Provinsi di Indonesia, salah satunya pilot project ada di Jawa Timur yang ada di Sidoarjo dan Surabaya.

“Melalui Kader-kader DP3 ditujukan menjadi duta dalam melakukan sosialisasi Pemilu dan Pemilihan di wilayah kelurahan. Yang mana ini diharapkan meningkatkan angka partisipasi pemilih di dalam Pemilu dan Pemilihan,” jelas Arief.

Lebih lanjut, Arief juga berpesan agar Kader-kader DP3 bisa menyampaikan apa itu pemilu dan pentingnya Pemilu di lingkungan. Sehingga bukan hanya target partisipasi saja yang meningkat, tetapi juga bisa memberikan pendidikan pemilih di wilayahnya.

Launching DP3 di Kelurahan Semolowaru selain dihadiri Ketua dan Anggota KPU Provinsi Jawa Timur turut pula dihadiri jajaran Forkopimda diantaranya Kapolrestabes Surabaya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Danrem 084 Baskara Jaya, Kepala Kejaksaan Negeri Surabaya, Kepala Kejaksaan Tanjung Perak Surabaya, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Eri Cahyadi menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPU RI dan jajarannya telah menunjuk Kelurahan Semolowaru yang berada di Kecamatan Sukolilo, Kota Surabaya sebagai pilot project dari DP3. Pemerintah Surabaya akan mendukung secara maksimal.

“Masyarakat Kota Surabaya insya Allah peduli dengan adanya Pemilu dan Pemilihan. Jadi kami akan mendukung penuh dan siap menjadi kader-kader terbaik DP3 di dalam mensosialisasikan dan memberikan pendidikan pemilih agar pelaksanaan Pemilu berjalan dengan sukses,” ungkap Eri Cahyadi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembekalan Kader DP3. Yang didapuk menjadi narasumber adalah Komisioner KPU Surabaya yang membidangi Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Subairi bersama Wakil Ketua PWI Jatim, Machmud Suhermono, dan Maulana Hasun, Akademisi dari Universitas Maarif Hasyim Latif. Serta dimoderatori oleh Yulyani Dewi, Koordinator Hukum, Teknis, dan Hupmas KPU Provinsi Jawa Timur.

Pembekalan Kader yang diikuti oleh 25 peserta ini mendapatkan materi Identifikasi dan Antisipasi Hoax oleh Machmud Suhermono.

Sementara Maulana Hasun menyampaikan tema Pendidikan Pemilih tentang Pencegahan Politik Uang dan Modus Operandi dan Solusi Kampanye Sara.

Sedangkan tema Demokrasi, Partisipasi, Sistem, dan Tahapan Pemilu disampaikan oleh Subairi.

Acara yang berlangsung sejak pukul 12.00 WIB ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif antara peserta dan narasumber. (guh/aas/esar/hupmas).

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

KPU Jawa Timur Rakor Program Knowlegde Sharing Pembentukan Badan Adhoc Untuk Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024

redaksi

Perwakilan KPU Surabaya Jadi Tim Penguji Magang (Internship) Mahasiswa FISIP Universitas Airlangga

redaksi

Hadiri Pelantikan Pejabat, Dua Orang Staf KPU Surabaya Jabat Kasubag

redaksi