SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Latih Pengaturan Lalin, Polantas Trenggalek Sambangi Satpam Sekolah

Polres Trenggalek – Upaya jajaran Satlantas Polres Trenggalek dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang kondusif memang patut diacungi jempol. Bagaimana tidak, hampir setiap hari para Polantas ini menjalankan tugas mulai dari mengatur lalu lintas, patroli hingga penjagaan pada spot rawan kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, dibawah naungan unit Kamsel, para Polantas ini tiada henti mensosialisasikan dan mendukasi masyarakat tentang arti penting tertib berlalu lintas. Tak berhenti disitu, Satlantas juga menggandeng berbagai elemen masyarakat untuk bersama-sama menjadikan keselamatan sebagai kebutuhan. Salah satunya adalah satuan pengamanan (Satpam) yang bertugas di instansi maupun sekolah.

Seperti halnya yang nampak di salah satu sekolah menengah kejuruan yang ada di Trenggalek ini. Beberapa petugas yang merupakan personel dari Satlantas Polres Trenggalek terlihat sedang memberikan pelatihan sederhana tentang bagaimana mengatur lalu lintas yang baik dan benar. Rabu, (13/10).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Meita Anisa Saputra, S.I.K., M.H. M.Si. kepada tim redaksi mengatakan, partisipasi masyarakat termasuk Satpam maupun komunitas profesi lainnya sangat membantu dalam menciptakan Kamseltibcarlantas yang mantap.

“Jumlah personel kepolisian masih sangat terbatas sehigga tidak bisa menjangkau keseluruhan wilayah Kabupaten Trenggalek. peran, Bantuan dan dukungan dari para Satpam instansi maupun sekolah tentu sangat dibutuhkan. Utamanya terkait dengan pengaturan lalu lintas, parkir maupun menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat di lingkungan kerja masing-masing.” Jelas AKP Meita.

Sementara itu, Kanitkamsel Satlantas Aiptu Ali Wibowo, S.H. menuturkan, pelatihan yang diberikan tak jauh dari 12 gerakan pengaturan lalu lintas. Menurutnya, meskipun sederhana tetapi hal ini sangat penting untuk diketahui dan diterapkan dalam tugas sehari-hari.

“Jangan sampai niat mengatur lalu lintas agar tertib justru menjadi faktor penyebab kemacetan.” Ujar Aiptu Ali.

Tak sekadar, berteori, Bintara tinggi yang cukup lama malang melintang di Sabinmas ini juga mengajak kedua orang Satpam tersebut untuk praktek secara langsung di tengah jalan. Tak berhenti disitu, pihaknya juga menyerahkan bantuan berupa senter lalu lintas yang bisa digunakan sebagai perangkat pendukung saat menjalankan tugas di malam hari.


Related posts

Jelang HUT ke-76 TNI, Polisi di Trenggalek Ikuti Donor Darah

Wong Nggalek

Pimpin Siaga di Perbatasan, Ini Yang Disampaikan Kapolsek Watulimo Polres Trenggalek

redaksi

Kapolres Trenggalek `Harap Harmonis` Mantap Efektif Gugah Kesadaran Masyarakat Untuk Hidup Sehat

Wong Nggalek