SuaraKawan.com
Politik

Rapat Evaluasi Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan Bersama KPU Provinsi Jawa Timur

 

Hupmas, SURABAYA – Kamis (07/10/2021), KPU Provinsi Jawa Timur menggelar kegiatan rapat evaluasi Penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan bersama 38 KPU Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Acara yang dibagi menjadi 2 (dua) sesi tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Miftahur Rozaq, Anggota KPU Provinsi Jawa Timur membuka acara yang diikuti oleh Anggota KPU Kabupaten/Kota yang membidangi Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Kasubbag Perencanaan dan Data, dan Operator Sidalih KPU Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Miftahur Rozaq berpesan kepada KPU Kabupaten/Kota di dalam pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan harus dilakukan dengan penguatan internal dan menjalin koordinasi dengan berbagai pihak didalam mensukseskan pemutakhiran.

“Menjadi sebuah keharusan KPU di dalam penyusunan Daftar Pemilih Berkelanjutan harus terjalin komunikasi yang baik di internal dan juga dengan pihak terkait seperti Partai Politik, Instansi Pemerintah yang menaungi data-data Administrasi kependudukan. Tujuannya adalah agar data yang dihasilkan ini valid, baik dan benar,” jelas Rozaq.

Evaluasi sendiri dipimpin oleh Nurul Amalia, Anggota KPU Provinsi yang membidangi Divisi Data dan Informasi. Evaluasi dilakukan secara bergiliran dari setiap KPU Kabupaten/Kota agar menyampaikan sumber data, kegiatan yang sudah dilaksanakan, dan kendala yang dialami dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan.

“Evaluasi kita lakukan secara bergilir, tujuannya untuk mengetahui kendala yang dialami setiap KPU Kabupaten/Kota, metode penyelesaian masalah, dan juga inovasi-inovasi yang dilakukan oleh masing-masing ini bisa dijadikan sharing ilmu/ide dalam mendorong pelaksanaan PDPB,” ungkap Nurul Amalia.

Naafilah Astri Swarist, Komisioner KPU Kota Surabaya menyampaikan hal-hal yang telah dilaksanakan didalam proses Pemitakhiran PDPB, mulai dari koordinasi dengan instansi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Sekolah Menengah Atas/sederajat, Pemerintah kota untuk acara sosialisasi bersama Camat dan Lurah se-Kota Surabaya.

“KPU Surabaya dalam proses PDPB telah bekerjasama dengan berbagai pihak, baik di Pemerintah Kota, Dinas Pendidikan, Dispendik, Sekolah-sekolah. Komunikasi berjalan dengan baik dan untuk data-data didapatkan melalui Dispenduk, Dispendik, dan juga laporan melalui link yang diumumkan melalui website. Untuk hasil sosialsiasi bersama Camat dan Lurah kami meminta untuk dibantu melakukan sosialisasi Pemutakhiran PDPB,” jelas Perempuan yang akrab disapa Bu Fila tersebut. (guh/aas/esar/hupmas)

Sumber : KPU Surabaya

Related posts

KPU Surabaya Laksanakan Apel Pagi Secara Virtual, Menjamin SDM Siap Tugas

redaksi

KPU Surabaya Ikuti Kelas Teknis KPU Jatim Sesi 16

redaksi

KPU Surabaya Mengucapkan Selamat Atas Terpilihnya Ilham Saputra Sebagai Ketua KPU RI Periode 2021 – 2022

redaksi