SuaraKawan.com
Politik

Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan Bersama Stakeholder

 

Hupmas, SURABAYA – Jumat siang (17/09/2022), KPU Kota Surabaya laksanakan Rapat Koordinasi Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) bersama stakeholder.

Acara diikuti oleh Partai Politik tingkat Kota Surabaya, Instansi, dan Dinas Pemerintah. Serta dari Persatuan Purnawirawan baik TNI dan Polri.

Kegiatan yang berlangsung siang ini dilakukan dengan metode luring dan daring.

Nur Syamsi, Ketua KPU Kota Surabaya membuka acara dan menyampaikan bahwa Pemutakhiran Data merupakan amanah dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum sehingga harus dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Di dalam proses pelaksanaan Pemutakhiran Data ini harus dilakukan dengan baik dan benar agar data yang dilakukan pemutakhiran setiap bulan ini menjadi dasar yang baik dalam pelaksanaan Pemilu dan Pemilihan kedepan,” jelas Syamsi.

Memasuki inti acara, Anggota KPU Kota Surabaya yang membidangi Divisi Perencanaan, Data, dan informasi, Naafilah Astri Swarist menyampaikan materi terkait pelaksanaan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan di KPU Kota Surabaya.

“Rakor hari ini merupakan yang kedua, sebagaimana timeline dari KPU RI pada Surat Dinas Nomor 366 agar dilakukan rapat koordinasi bersama stake holder setiap tiga bulan sekali yang sebelumnya dilaksanakan bulan Juni 2021,” jelas Naafilah.

Lebih lanjut Naafilah menyampaikan KPU Surabaya di dalam proses Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan telah berkoordinasi dan bekerjasama dengan beberapa pihak antara lain dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kota Surabaya, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta sosialisasi secara daring bersama dengan 6 (enam) SMA Negeri dan Swasta pada bulan Juli 2021.

Acara yang berlangsung selama 2 (dua) jam tersebut diakhiri dengan penyampaian link dan barcode akses DPB kepada peserta rapat koordinasi yang hadir baik yang datang langsung maupun yang mengikuti via daring.

Peserta antusias untuk melakukan scan terhadap barcode berisi data pemilih by polling station yang mengalami perubahan mulai bulan April hingga Agustus 2021. (guh/aas/esar/hupmas).

Sumber : KPU Surabaya


Related posts

Awal Bulan Agustus KPU Surabaya Melaksanakan Apel Pagi Secara Virtual

redaksi

PPID KPU Surabaya Melayani Permohonan Data Pemilih

redaksi

KPU Surabaya Hadiri Rapat Evaluasi Pencalonan Hingga Penggunaan Sirekap Pilkada Serentak Tahun 2020

redaksi