SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Bikin Haru Sekaligus Bangga, Saat Pengendara di Trenggalek Berhenti Hormati Detik-Detik Proklamasi

Polres Trenggalek – Peringatan detik-detik proklamasi dalam rangka HUT ke-76 RI di Kabupaten Trenggalek berlangsung khidmat. Selain upacara bersama yang digelar virtual, seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Trenggalek turut memberikan penghormatan dengan menghentikan aktivitas dan mengambil sikap sempurna selama kurang lebih tiga menit. Selasa, (17/8).

Demikian pula para pengendara yang kebetulan melintas di beberapa ruas jalan di Kabupaten Trenggalek. Dari pantauan tim redaksi, tepat pukul 10.17 Wib, sejumlah petugas nampak menghentikan seluruh kendaraan dan memimpin langsung penghormatan detik-detik proklamasi.

Para pengemudi terlihat berdiri disamping kendaraan masing-masing dan mengambil sikap sempurna dibarengi dengan sirine yang diputar melalui pengeras suara dari Pos Polisi maupun kendaraan patroli lalu lintas yang memang distanbykan di lokasi.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. menuturkan, untuk mendukung kegiatan tersebut pihaknya menerjunkan seluruh perkuatan unit patroli dan disebar di berbagai simpang jalan di seputaran kota Trenggalek antara lain di Simpang tiga Pos 9.0 Widowati Jalan Sukarno-Hatta Trenggalek, Simpang empat Pasar Pon dan Simpang Tiga Tugu Brawijaya.

“Untuk menjaga kekhidmatan upacara dan menghormati peringatan HUT ke-76 RI, kita ajak masyarakat untuk menghentikan kegiatan sejenak dan mengambil sikap sempurna selama tiga menit.” Ujar AKP Imam.

Lebih lanjut AKP Imam mengatakan, penghormatan detik-detik proklamasi ini merupakan salah satu cara menghargai jasa para pahlawan maupun para founding father yang telah berjuang dan mengorbankan jiwa dan raga untuk kedulatan Indonesia dan tegaknya sang merah putih.

“Perjuangan kita hari ini bisa jadi berbeda. Namun yang tak boleh hilang adalah nasionalisme dan kecintaan kita kepada bangsa dan negara.” Imbuhnya.

Masih kata AKP Imam, dimasa pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini, peringatan HUT ke-76 RI merupakan momen tepat untuk bersatu, bergotong royong dan bahu membahu menangkal penyebaran Covid-19.

“Patuhi protokol kesehatan. Dimulai dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan terdekat. Dengan kebersamaan, Indonesia tangguh Indonesia tumbuh akan bisa terwujud” Pungkasnya.

Related posts

Polisi Warning Warga Penggarap Hutan Antisipasi Karhutla

redaksi

Kasatlantas Trenggalek: Police Goes to School Bentuk Generasi Millenial Patuh Prokes dan Tertib Lalin

Wong Nggalek

Anggota Satlantas Trenggalek Jadi Orang Tua Asuh Bagi Ratusan Anak Yatim Piatu Terdampak Covid-19

Wong Nggalek