SuaraKawan.com
Politik

SAMPAIKAN PENETAPAN DPB SEMESTER 1 TAHUN 2021, KPU JATIM GELAR RAKOR

Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Choirul Anam

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Rapat Koordinasi (Rakor) Penyampaian Penetapan Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) Semester I Tahun 2021 digelar oleh Komisi Pemisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), hari Jum’at, tanggal 9 Juli 2021. Rakor yang digelar secara virtual ini dimulai dari jam 9 pagi sampai dengan selesai.

Peserta Rakor terdiri dari Bawaslu Provinsi Jawa Timur, 38 KPU Kabupaten/ Kota, partai politik, dan instansi terkait seperti Kodam V Brawijaya, Polda Jatim, Dinas Pendidikan, DP3AK, Kanwil Kementerian Agama Jatim, Bakesbangpol Jatim, Kanwil Kemenkum-HAM, Dinas Sosial.

Sementara dari KPU Jatim hadir lengkap Ketua dan Anggota, Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro, M. Arbayanto, Insan Qoriawan, Rochani, Miftahur Rozaq, dan Nurul Amalia. Serta dari Sekretariat ada Sekretaris, Nanik Karsini, Koordinator PDOS, Suharto, Subkoordinator Progda, Nurita Paramita, dan staf subbag Progda.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam dalam sambutannya menyampaikan kepada peserta Rakor jika pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan merupakan kewajiban bagi KPU, karena memang diatur tegas dalam Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

“Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 14, 17,dan 20 menyebutkan bahwa KPU berkewajiban untuk melakukan pemutakhiran dan memelihara data pemilih secara berkelanjutan dengan memperhatikan data kependudukan. Jadi tidak hanya jelang pemilu KPU melakukan proses pemutakhiran data pemilih, tapi juga secara terus-menerus,” tutur Ketua KPU Jatim (9/7/2021).

Lebih lanjut, Anam menjelaskan tujuan dilakukan proses pemutakhiran data pemilih adalah agar KPU secara berkala mengupdate, memutakhirkan, memperbarui data pemilih.

“Karena proses mutasi keluar atau masuk di Jawa Timur sangat besar. Selain itu juga adanya pemilih pemula. Baik itu pemilih pemula karena berusia 17 tahun, maupun pemilih pemula dikarenakan alih status, misalnya dari TNI/ Polri Pensiun dan haknya dalam data pemilih bisa Kita update,” paparnya.

Ketua KPU Jatim ini berharap pula dengan diadakannya Rakor kali ini akan ada kerjasama dari semua pihak untuk saling bahu-membahu bersinergi memberikan masukan untuk perbaikan data pemilih.

“Terima kasih Kami sampaikan pada Kawan-kawan yang aktif memberikan data kependudukan kepada KPU untuk memutakhirkan data pemilih,” tutupnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU JATIM KOORDINASIKAN PEMBENTUKAN BAKOHUMAS DI TINGKAT KABUPATEN/ KOTA

redaksi

KPU Surabaya Gelar Fasilitasi Pendidikan Pemilih Di Kelurahan Ketabang

redaksi

Resmi, Gibran- Teguh Pemenang Pilkada Solo

Redaksi Surabaya