SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Usung Aksi Teatrikal, Kasatlantas Trenggalek: Ingatkan Bahaya Nyata Covid-19

Polres Trenggalek – Masih terkait dengan sosialisasi protokol kesehatan (Prokes) dan penerapan PPKM darurat di Kabupaten Trenggalek, Satlantas Polres Trenggalek kembali memasifkan kegiatan yang bersifat preemtif edukatif disejumlah tempat.

Uniknya, sosialisasi kali ini kembali mengusung konsep teatrikal untuk mengingatkan masyarakat tentang bahaya nyata penularan Covid-19 sehingga masyarakat menjadi lebih berhati-hati dan waspada serta patuh menerapkan Prokes. Selasa, (7/7).

Kasatlantas Polres Trenggalek AKP Imam Mustolih, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan dalam rangka mendukung Program pemerintah untuk percepatan penanggulangan penyebaran Covid 19 khususnya di wilayah Trenggalek, pihaknya melaksanakan kegiatan imbauan sosialisasi tentang PPKM darurat.

“Ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan sekaligus diantaranya pemasangan Baliho, public address, penempelan stiker pakai masker dan aksi teatrikal yang kita gelar simpang tiga Widowati dan Area Pasar Pon Trenggalek.” Ujar AKP Imam

AKP Imam menambahkan, aksi teatrikal tersebut pada dasarnya bukan untuk menakut-nakuti melainkan mengingatkan masyarakat tentang bahaya penularan Covid-19 yang dapat berakhir kematian. Tidak hanya berisiko terhadap diri sendiri tetapi juga orang lain.

“Kita imbau, kita ajak masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan. Apalagi angka kematian akibat Covid-19 ini juga cukup tinggi. Kesadaran kita bersama untuk saling mengingatkan.” Imbuhnya

Hal ain yang cukup menarik adalah setiap petugas yang hadir mengenakan kalung dengan papan tulisan `Manuto Prokes`. Kata Manuto berasal dari bahasa jawa `Manut` yang berarti nurut atau patuh.

Kalimat manuto prokes itu sendiri lanjut AKP Imam merupakan gagasan dari Kapolres Trenggalek AKBP Dwiasi Wiyatputera, S.H., S.I.K., M.Si. sebagai respon masih banyaknya masyarakat yang abai bahkan cenderung meremehkan Covid-19 dan tidak mematuhi Protokol kesehatan.

Dengan kalimat sederhana tersebut, pesan yang ingin disampaikan akan lebih mudah diterima dan mudah diingat oleh masyarakat untuk kemudian secara sadar dan mandiri mematuhi anjuran pemerintah dan menerapkan protokol kesehatan secara konsisten.

Masifnya kampanye prokes dan sosialisasi ini merupakan langkah preemtif kepolisian guna mendukung sekaligus mensukseskan pelaksanaan PPKM darurat sehingga Jawa Timur khususnya kabupaten Trenggalek dapat menekan laju penyebaran Covid-19, mengurangi angka kematian dan dapat melalui pandemi ini dengan sehat dan selamat.

“Manuto. Patuhi Prokes” Pungkasnya.

Related posts

Polres Gresik Diantara yang Terbaik, Kata Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB

redaksi

AKP Sutrisno Secara Simbolis Menyerahkan Bantuan Beras Kepada Satgas Covid Desa Ngrayung

redaksi

Saat Blusukan ke Pasar Desa Kapolsek Sosialisasi Tentang Protokol Kesehatan

redaksi