SuaraKawan.com
Politik

PERSIAPKAN PEMBENTUKAN PROGRAM DESA PEDULI & PEMILIHAN, KPU JATIM GELAR RAKOR

Surabaya, kpujatim.go.id- Menindaklanjuti Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 290/PP.06-Kpt/06/KPU/IV/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Pembentukan Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) bersama 38 KPU Kabupaten/ Kota.

Rapat digelar pada hari ini, Rabu (30/6) sekitar pukul 13.30 WIB – selesai secara virtual, dengan mengundang Divisi SDM dan Parmas serta Sub Koordinator Teknis dan Hupmas dari 38 Kabupaten/ Kota. Turut hadir dari KPU Jatim yaitu Ketua, Choirul Anam, Divisi Sosialisasi; Pendidikan Pemilih; dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas), Gogot Cahyo Baskoro, Sekretaris, Nanik Karsini, Koordinator Hukum; Teknis; dan Hupmas (HTH), Yulyani Dewi, serta seluruh Staf Teknis dan Hupmas.

Ketua KPU Jatim dalam sambutannya menyebutkan bahwa program desa peduli pemilu dan pemilihan merupakan program unggulan KPU Republik Indonesia yang telah diluncurkan bersamaan dengan FGD.

“Bagaimanapun dengan keterbatasan sumber daya tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi kita semua untuk tetap melaksanakan program pendidikan pemilih”, jelas Anam (30/6/2021).

Ia menambahkan, pasalnya proses pendidikan pemilih ini penting dalam rangka menyongsong Pemilu dan Pemilihan Tahun 2024.  KPU RI menyebutkan ada lima tujuan yang ingin dicapai dari program desa peduli pemilu dan pemilihan.

“Pertama, membangun kesadaran politik masyarakat untuk menjadi pemilih yang berdaulat. Kedua, mengedukasi masyarakat dalam memfilter informasi sehingga masyarakat tidak mudah termakan isu hoaks. Ketiga, menghindarkan masyarakat dari praktik money politic ketika proses tahapan pemilu dan pemilihan. Keempat, meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi masyarakat. Dan kelima, membentuk kader-kader yang menjadi penggerak dan penggugah kesadaran politik masyarakat di desa,” papar Anam dalam sambutannya.

Selaras dengan tujuan tersebut, Divisi Sosdiklih dan Parmas KPU Jatim, Gogot Cahyo Baskoro berpendapat bila unit sosial terkecil (desa-red) sudah mandiri dan rasional dalam konteks pengambilan kebijakan politik dalam pemilihan, maka diharapkan dapat memberikan dampak sosial yang lebih besar.

Lebih teknis, mantan Anggota KPU Kabupaten Jember ini menerangkan untuk mencapai tujuan tersebut, KPU perlu memperhatikan beberapa kriteria dalam menentukan lokus pelaksanaan desa peduli pemilu dan pemilihan.

“Salah satu kriterianya yaitu wilayah tersebut berupa desa/ kelurahan, dusun, kampung, banjar, atau sebutan lainnya, yang masuk salah satu kategori daerah potensi pelanggaran pemilu dan pemilihan tinggi, daerah dengan partisipasi rendah, atau daerah rawan konflik/ bencana alam”, paparnya.

Adapun kader-kader penggerak yang akan dibentuk di setiap lokus terdiri dari 25 orang yang terdiri dari basis perempuan, pemilih pemula, pemilih muda, disabilitas, dan tokoh masyarakat, adat atau agama.

Sebagai tindak lanjut dari koordinasi, langkah awal ini KPU Provinsi Jawa Timur meminta kepada KPU Kabupaten/ Kota untuk menyampaikan usulan lokus di masing-masing wilayahnya.

“Kami akan meminta kepada KPU Kabupaten/ Kota melakukan mapping sekaligus mengusulkan dua lokasi untuk  tempat pelaksanaan program desa peduli pemilu dan pemilihan yang selanjutnya akan dipilih oleh KPU Provinsi”, jelas Gogot.

Meski dilaksanakan ditengah pandemi, harapannya program nasional ini dapat dilakukan secara maksimal.

“KPU Kabupaten/ Kota dapat membantu membangun jejaring dengan Pemerintah Daerah/Pemerintah Desa/akademisi/Lembaga Swadaya Masyarakat di wilayah masing-masing serta dapat terlibat secara aktif untuk melakukan publikasi dalam menyukseskan desa peduli pemilu dan pemilihan”, pungkas Gogot.

(AFN/AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Terima Kunjungan Kerja KPU Kabupaten Gianyar, Bali

redaksi

KPU Serahkan Sertifikat dan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Fotografi Jurnalistik Pilwali Surabaya 2020

redaksi

KETUA KPU JATIM : MARHABAN YAA RAMADHAN 1442 H

redaksi