SuaraKawan.com
Politik

BAKOHUMAS KPU JATIM MILIKI PERAN STRATEGIS

 

 

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) miliki peran yang sangat strategis. Hal ini disampaikan secara kompak oleh semua Keynote Speaker pada kegiatan Sosialisasi Pembentukan Bakohumas KPU Provinsi Jawa Timur bersama Stakeholder Terkait Tingkat Provinsi secara virtual, dimulai dari jam setengah 9 pagi sampai jam 12 siang ini (30/6).

Peserta rakor terdiri dari Stakeholder terkait di tingkatan Provinsi Jawa Timur, yang terdiri dari unsur instansi/lembaga terkait, universitas, pemerhati pemilu, partai politik, Ormas/OKP.

Ketua Bakohumas KPU Jatim, Nanik Karsini

Ketua Bakohumas KPU Jatim, Nanik Karsini dalam sambutannya mengungkapkan bahwa peran Bakohumas di lembaga KPU Jatim sangatlah penting.

“Adanya Bakohumas pertama, dapat memperlancar arus informasi antara KPU Provinsi Jawa Timur dengan lembaga/ instansi terkait, dan antara KPU Provinsi Jawa Timur dengan masyarakat. Kedua, mengatasi kesenjangan informasi, serta ketiga, dapat mengoptimalkan upaya keterbukaan informasi publik,” jelas Nanik, yang notabene juga sebagai Sekretaris KPU Jatim ini (30/6/2021).

Kabid Humas Polda Jatim, Gatot Repli Handoko

Senada dengan Nanik, Kabid Humas Polda Jatim, Gatot Repli Handoko menyatakan pembentukan Bakohumas ini penting karena menyangkut fungsi dan koordinasi kehumasan lintas instansi dan sektoral di era keterbukaan informasi publik.

“Terbitnya SK KPU RI Nomor 172 Tahun 2021, tentang pembentukan Bakohumas merupakan penyelarasan komunikasi antar lini humas, baik dalam pengolahan data, penyaluran hingga sosialisasi yang membutuhkan penyelarasan arus komunikasi. Maka dengan adanya Bakohumas diharapkan penyampaian data dari lintas instansi bersama stakeholder bisa baik. Hal ini guna terciptanya satu frekuensi komunikasi yang solid, terintegrasi dan komprehensif,” tegasnya.

 

Kabid Humas Polda Jatim ini menyatakan pula bahwa pihaknya sangat menyambut baik dan mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya sosialisasi pembentukan Bakohumas ini.

Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jawa Timur, Eko Setiawan

Memperkuat kedua Keynote Speaker di atas, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Dinas Kominfo Jawa Timur, Eko Setiawan menuturkan bahwa adanya Bakohumas bertujuan meningkatkan fungsi dan peranan humas sebagai sumber informasi kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan.

“Sedangkan peran strategis Bakohumas untuk mensinergikan informasi publik, mengoptimalkan jaringan komunikasi dan informasi, membentuk opini melalui agenda setting pemerintah daerah, menjadi sumber informasi yang dipercaya media/ publik, isi informasi sesuai karakteristik khalayak sasaran dan media, informasi disampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti publik dan media, layanan informasi diberikan secara terus-menerus, menggunakan berbagai saluran yang mudah diakses publik dan media,” jelas Eko pada peserta.

Ketua KPU Jatim, Choirul Anam

Sementara itu, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menuturkan Bakohumas menjadi sangat penting karena memiliki peran strategis untuk membuat narasi tunggal guna memberikan informasi yang benar kepada masyarakat.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Rapat Pokja Kampanye Pilwali Surabaya

redaksi

KPU Surabaya Hadiri Seminar Nasional

redaksi

KPU JATIM EVALUASI PERMASALAHAN HUKUM PEMILIHAN SERENTAK 2020

redaksi