SuaraKawan.com
Politik

SIAPKAN PELAKSANAAN EVALUASI SAKIP, KPU JATIM RAKOR BERSAMA SATKER DI WILAYAHNYA

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq

Surabaya, kpujatim.go.id- Guna mempersiapkan pelaksanaan evaluasi SAKIP, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) mengadakan Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah). Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP Sesi I dilaksanakan jam 10 pagi hari ini, Selasa (22/6) secara virtual dengan melibatkan 9 KPU Kabupaten/ Kota.

Kesembilan KPU Kabupaten/ Kota yang mengikuti Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP Sesi I ini antara lain, Kabupaten Tuban, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Sampang, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Sumenep. Dan masing-masing satker KPU Kabupaten/ Kota diikuti oleh Ketua, Divisi Perencanaan; Data dan Informasi, Sekretaris, serta Subkoordinator Program dan Data.

Sementara itu, hadir dari KPU Jatim yakni Ketua, Choirul Anam, Divisi SDM dan Litbang, Rochani, Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq, Sekretaris, Nanik Karsini, serta staf subbagian Program dan Data.

Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq mengungkapkan kegiatan Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP ini perlu diadakan sebagai bentuk pendampingan KPU Provinsi kepada kabupaten/ kota dalam penyusunan SAKIP.

“KPU Provinsi berupaya melakukan pendampingan dan evaluasi awal atas SAKIP yang telah disusun oleh KPU Kabupaten/ Kota.  Selanjutnya hasil evaluasinya dituangkan dalam lembar Evaluasi SAKIP masing-masing KPU Kabupaten/ Kota untuk segera dilakukan perbaikan terhadap semua dokumen-dokumen tersebut. Dengan pengelolaan SAKIP yang baik  ini bertujuan untuk mengarahkan pada tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance), serta menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Reformasi Birokrasi,” tutur Rozaq (22/6/2021).

Menambahkan yang disampaikan Rozaq, Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini menjelaskan bahwa SAKIP ini merupakan rangkaian sistematis berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian, pengikhtisaran dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

“Jadi SAKIP ini menggambarkan kinerja yang dicapai oleh instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN/ APBD,” jelas Sekretaris KPU Jatim.

Lebih lanjut, Nanik menjelaskan SAKIP meliputi beberapa bagian, yakni perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi kinerja, serta capaian kinerja.

“Peningkatan kualitas SAKIP dapat dilakukan dengan perbaikan perencanaan kinerja dan perjanjian kinerja, melakukan penyelarasan rencana strategis dan kegiatan, melakukan pengukuran kinerja secara periodik, penyusunan laporan akuntabilitas kinerja disusun oleh tim penyusun LAKIP yang dibentuk oleh pimpinan satker masing-masing, serta melakukan evaluasi kinerja secara periodik. Dengan kualitas SAKIP yang baik, harapannya dapat mewujudkan efisiensi dan efektivitas,” pungkas Nanik.

Selanjutnya, Rakor Persiapan Pelaksanaan SAKIP Sesi II akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni, lalu Sesi III pada 29 Juni, serta Sesi IV pada 1 Juli 2021.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Surabaya Seminarkan Tahapan Pelaksanaan Pemungutan, Penghitungan Suara, dan Penggunaan Sirekap

redaksi

KPU Surabaya Hadiri Rakor Pembahasan Perjanjian Hibah Barang Milik Negara Berupa Thermogun ke Pemkot Surabaya

redaksi

Rapat Koordinasi Sosialisasi Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) Berkelanjutan

redaksi