SuaraKawan.com
Politik

‘JADI’ JAWA TIMUR APRESIASI SUKSESNYA PENYELENGGARAAN PEMILIHAN 2020 DI JAWA TIMUR

Direktur Eksekutif JaDI, Dewita Hayu Shinta (Kiri), Ketua KPU Jatim, Choirul Anam (Kanan)

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Datangi Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim), Direktur Eksekutif Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) Jawa Timur, Dewita Hayu Shinta berikan apresiasi atas penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020 pada 19 kabupaten/ kota di Jawa Timur. Kunjungan ke kantor KPU Jatim di jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya ini dilakukan sore hari tadi (Selasa, 15/6), sekitar pukul 16.00 WIB.

Direktur Eksekutif JaDI Jawa Timur, yang akrab disapa Shisin ini mengatakan bahwa apresiasi patut diberikan pada KPU Jatim dan 19 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur pasalnya telah mampu menyelenggarakan Pemilihan Serentak Tahun 2020 dengan lancar dan sukses. “Yaa meskipun masih ada kekurangan di sana sini namun tidak mengurangi substansi dari penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020,” ungkapnya (15/6/2021).

Selain memberikan apresiasi, kehadiran Shisin di KPU Jatim kali ini juga untuk memberikan dukungan pada penyelenggara terkait persiapan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah (Pemilihan 2024-red) yang akan dilaksanakan pada tahun yang sama yakni tahun 2024. Meskipun idealnya, menurut Shisin Pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah ini seharusnya tidak diselenggarakan pada tahun yang sama.

“Tahun 2024 akan menjadi tahun yang tidak cukup ringan bagi KPU dan Bawaslu, karena dihadapkan dengan perhelatan akbar, dimana Pemilu Nasional dan Pemilihan Kepala daerah akan diselenggaran dalam tahun yang sama. Tentu ini pekerjaan besar yang membutuhkan energi maupun konsentrasi tenaga penuh dari semua penyelenggara. Kami sebagai kelompok masyarakat sipil bersedia mendukung bersama,” papar Shisin.

Lebih lanjut, Shisin menyampaikan pula jika ada beberapa tahapan yang perlu mendapatkan sedikit perhatian lebih dari KPU di tahun 2024 yakni, terkait data pemilih.

“Karena data pemilih selalu menjadi polemik, Saya rasa KPU memiliki metode untuk melakukan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, harapannya ini benar-benar simultan diperbarui. Sehingga data pemilih bisa valid dan tidak dipersoalkan dikemudian hari. Lalu skema anggaran juga perlu diperhatikan. Bagaimanapun besok itu akan membutuhkan anggaran dari APBN dan APBD, tentu ini harus dicermati agar efisiensi tercapai, mungkin ada beberapa item yang bisa disinkronkan. Kemudian tahapan krusial lainnya, misalnya pada saat hari H, dan pada saat kampanye. Kami betul-betul berharap agar penyelenggara diberikan kekuatan untuk menyongsong tahun 2024 ini,” terang Direktur Eksekutif JaDI Jawa Timur ini.

Atas apa yang disampaikan Shisin, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan rasa terima kasihnya kepada JaDI Jawa Timur yang terus memberikan dukungan pada KPU Jatim.

“Apresiasi dan dukungan besar dari JaDI Jawa Timur ini sangat berarti bagi Kami, penyelenggara Pemilu di Jawa Timur. Segala bentuk saran masukan dari JaDI kedepan dalam penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 sangat Kami harapkan,” tutur Ketua KPU Jatim menutup pertemuan ini.

Kedatangan Direktur Eksekutif JaDI Jawa Timur ini mendapatkan sambutan hangat dari Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, jajaran pejabat struktural serta fungsional, dan seluruh staf Sekretariat KPU Jatim. Mengingat Shisin sebelumnya pernah menjadi keluarga besar KPU Jatim, yakni Komisioner periode 2014-2019.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KETUA KPU RI : PEMUNGUTAN SUARA 9 DESEMBER AMAN BAGI PEMILIH & PENYELENGGARA

redaksi

KPU SURABAYA TERIMA SISWA-SISWI MAGANG

redaksi

WUJUDKAN WTP, INSPEKTORAT KPU RI REVIU LAPORAN KEUANGAN DI WILAYAH JAWA TIMUR

redaksi