SuaraKawan.com
Politik

JADI PERCONTOHAN REFORMASI BIROKRASI, KPU JATIM LAKUKAN PERSIAPAN

 

Surabaya, kpujatm.go.id- Komisi Pemilihan Umum Povinsi Jawa Timur (KPU Jatim) tahun ini berkesempatan menjadi salah satu unit percontohan KPU Provinsi yang menerapkan reformasi birokrasi bersama dengan 9 KPU Provinsi lainnya. Dalam rangka mempersiapkan penerapan reformasi birokrasi ini, Tim Reformasi Birokrasi KPU Jatim melakukan rapat persiapan hari ini (Senin, 14/6), jam 10 pagi sampai selesai di aula lantai II kantor KPU Jatim, jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya.

Sekretaris KPU Jatim, Nanik Karsini mengungkapkan reformasi birokrasi merupakan sebuah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk memastikan perbaikan tata kelola pemerintahan.

“Reformasi birokrasi ini bertujuan menghasilkan karakter birokrasi yang berkelas dunia yang memiliki ciri pelayanan publik yang semakin berkualitas serta tata kelola yang semakin efektif dan efisien,” ungkap Nanik dalam arahannya pada Rapat Persiapan Penunjukan Unit Percontohan Reformasi Birokrasi KPU (14/6/2021).

Grand Design implementasi reformasi birokrasi di KPU sebagai lembaga pemerintahan sebagaimana dijelaskan Nanik, berpedoman pada Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tetang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2015, Permenpan-RB Nomor 35 Tahun 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur Administrasi Pemerintahan, dan Keputusan KPU Nomor 314/ORT.07-KPT/01/KPU/V/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di lingkungan KPU, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota.

“Mari Kita persiapkan kesempatan ini dengan baik, mari Kita dukung pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan satuan kerja Kita,” ajak Sekretaris KPU Jatim.

Mengimbuhkan Nanik, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menegaskan bahwa KPU Jatim menjadi salah satu percontohan pelaksanaan reformasi birokrasi oleh KPU ini merupakan amanah besar.

”10 dari 34 KPU Provinsi menjadi sampling pelaksanaan reformasi birokrasi KPU. Tentu kepercayaan ini membawa konsekuensi terhadap tanggung jawab untuk bisa melaksanakan, dan Kita harus amanah melaksanakannya dengan sebaik mungkin. Selama ini kerja semua subbagian sudah bagus, permohonan layanan informasi tepat waktu, permohonan autentifikasi banpol dalam sehari selesai, penyusunan renstra juga baik, SPIP juga berjalan, DIP terus diupdate dan lainnya. Budaya organisasi, budaya kerja yang baik ini mari lebih Kita tingkatkan kembali secara konsisten,” papar Ketua KPU Jatim.

Selain Ketua dan Sekretaris KPU Jatim, hadir pula dalam kesempatan ini Divisi Sosdiklih dan Parmas, Gogot Cahyo Baskoro, Divisi Hukum dan Pengawasan, Muhammad Arbayanto, Divisi SDM dan Litbang, Rochani, Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq, serta pejabat fungsional dan struktural yang secara bergantian menyampaikan arahannya. Sementara peserta rapat terdiri dari seluruh staf PNS di lingkungan KPU Jatim.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Penggunaan Sirekap Menjadi Basis Rekapitulasi Internal KPU

redaksi

SUKSESKAN PROGRAM PEMERINTAH, KPU JATIM VAKSINASI COVID-19 GELOMBANG I

redaksi

Pengumuman Hasil Penelitian Keabsahan Dokumen Persyaratan Calon Atas Nama Machfud Arifin dan Mujiaman Dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi