SuaraKawan.com
Politik

MIFTAHUR ROZAQ: KPU JATIM BAKAL TERBITKAN BUKU PENGELOLAAN LOGISTIK PEMILIHAN 2020

Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemlihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) telah menyusun buku kompilasi data pengelolaan logistik Pemilihan Serentak Tahun 2020 di Jawa Timur yang direncanakan bakal terbit dalam waktu dekat. Ungkap Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq saat diwawancarai (11/6).

Penyusunan buku ini sebagaimana disampaikan Rozaq menjadi bagian dari ikhtiar KPU Jatim untuk menyajikan dan merekam semua data-data dari berbagai kegiatan pengelolaan logistik, utamanya di 19 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menyelenggarakan Pemilihan Serentak Tahun 2020.

“Buku tersebut disusun untuk menyajikan data-data pengelolaan logistik dari hulu sampai hilir. Mulai dari siklus perencanaan dan penganggaran, proses pengadaan, pendistribusian serta pemeliharaan dan inventarisasi”, katanya (11/6/2021).

Terlebih Pemilihan Serentak Tahun 2020 pelaksanaannya berbeda dengan pemilihan sebelumnya, karena dilaksanakan di masa pandemi Covid-19. Tentu masa pandemi ini mempengaruhi terhadap pelaksanaan pemilihan di Tahun 2020 yakni, penyelenggaraan pemilihan harus dengan penerapan protokol kesehatan. Hal ini secara langsung berimplikasi terhadap pengelolaan logistik pemilihan.

“Pengelolaan logistik di masa pandemi Covid-19, tidak hanya mengelola pure logistic electoral pemilu/pemilihan seperti kotak suara, surat suara, bilik dan lain sejenisnya saja. Tetapi juga mengelola logistik terkait penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid yakni, Alat Pelinding Diri (APD), seperti hand sanitizer, face shield, sarung tangan, thermogun, masker, baju hazmat dan sejenis lainnya sebagai perwujudan dari ketentuan Peraturan KPU 6 tahun 2020 tentang pelaksanaan pemilihan Gubernur, Bupati dan Wali Kota dimasa bencana non alam,” jelas mantan Komisioner KPU Sampang ini.

Mengakhiri wawancara, Rozaq menjelaskan jika buku yang sekarang masih dalam proses cetak ini juga akan menyajikan peran, tanggung jawab, dan tupoksi di bidang logistik sesuai ketentuan regulasi. Sehingga dapat menjadi tambahan referensi dalam proses pengelolaan logistik pada pemilihan/pemilu berikutnya.

(AFN/ ed. AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

KPU Jatim Adakan Rakor Laporan Pertanggungjawaban Keuangan Tahun 2020

redaksi

KPU JATIM SIAPKAN PRODUK HUKUM PENYELESAIAN PHP TAHUN 2020

redaksi

SELAMAT HARI PARLEMEN INDONESIA 16 OKTOBER 2021

redaksi