SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM TERIMA KUNKER ANGGOTA KOMISI II DPR RI, RAHMAT MUHAJIRIN

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Anggota Komisi II DPR RI, Rahmat Muhajirin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke kantor Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) di jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya hari ini, Jum’at (11/6), jam setengah 8 samapi 9 pagi. Kunker bertujuan untuk melakukan serap aspirasi terkait perkembangan kepemiluan dan demokrasi di Jawa Timur.
Kedatangan Anggota Komisi II DPR RI beserta Tenaga Ahli ini diterima baik oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, Koordinator Keuangan; Umum dan Logistik, Edi Hartono, Subkoordinator Hukum, Wiratmoko Iman Santoso, serta Subkoordinator Tekmas, Eddy Prayitno.

Rahmat Muhajirin menyampaikan bahwa pada kesempatan ini ingin melakukan serap aspirasi perkembangan kepemiluan dan demokrasi di Jawa Timur. Karena dapilnya berasal dari Jawa Timur, yakni Jawa Timur I, Surabaya-Sidoarjo.

“Silahkan Bapak Ketua KPU Jatim menyampaikan sejauhmana perkembangan serta persiapan KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur menyongsong Pemilu/ Pemilihan 2024. Mungkin ada masukan yang bisa disampaikan ke Komisi II dan dan diusulkan ke Pemerintah untuk persiapan Pemilu/ Pemilihan 2024. Sehingga di tahun 2024 tidak jatuh banyak korban seperti Pemilu 2019, karena di Pemilu/ Pemilihan 2024 dapat dibilang tidak ringan,” jelas anggota Komisi II DPR RI ini (11/6/2021).

Berikutnya Ketua KPU Jatim, Choirul Anam memberikan tanggapannya. “Sebenarnya Kami berharap tahapan ini dapat dimulai 30 bulan jelang pemilu/ pemilihan. Mengingat di tahun 2024 ini Kita dihadapkan dengan penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan di tahun yang sama. Sehingga persiapannya bisa lebih optimal,” ungkap Anam.

Lalu Anam mengimbuhkan, “Masukan lainnya, untuk menjaga netralitas dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah, sebenarnya akan lebih baik bila anggarannya juga bersumber dari APBN”.

Selain memberikan masukan, Anam juga menyampaikan mengenai upaya-upaya yang sudah dilakukan KPU Provinsi dan Kabupaten/ Kota sampai saat ini untuk mempersiapkan pemilu/ pemilihan 2024. “Beberapa upaya yang telah Kami lakukan antara lain maksimalisasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, digitalisasi data, membuat serta mengajukan draf tahapan beserta anggarannya ke KPU,” tutupnya.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim

Related posts

Pengumuman KPU Surabaya Tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Dalam Pemilihan Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Surabaya Tahun 2020

redaksi

KOORDINASI KESIAPAN PEMILIHAN SERENTAK 2020, KAPOLDA JATIM KUNJUNGI KPU JATIM

redaksi

KPU Surabaya Terima Kunjungan Forum Silaturahmi Arek-arek Suroboyo

redaksi