SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Berbekal Sensor Canggih, Ini Inovasi Simetiks Mantap dan Mobil Incar Polres Trenggalek

Polres Trenggalek – Seperti diberitakan sebelumnya, hari ini Polres Trenggalek telah melaunching beberapa inovasi dan terobosan kreatif dalam rangka meningkatkan kualitas dan mewujudkan pelayanan prima Kepolisian.

Launching yang digelar di halaman Satpas Sim tersebut dihadiri oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si bersama jajaran Forkopimda Trenggalek.

Beberapa inovasi bisa dibilang cukup menarik dan merupakan yang pertama di Indonesia. Seperti apa? Simak hasil penelusuran tim rerdaksi berikut ini.

Salah satu tugas pokok Kepolisian sebagaimana amanat undang-undang adalah berfungsi sebagai pelayan masyarakat. Mendasari hal tersebut, Polres Trenggalek terus berbenah dan berupaya memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Hal ini selaras dengan konsep Polri Presisi (Prediktif, Responsibilitas dan Transparansi berkeadilan) yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit, M.Si.

AKBP Doni menuturkan, Simetiks Mantap atau System Monitoring Elektronik Ujian Praktek Sim dan kata Mantap yang merupakan jargon Polres Trenggalek yang berarti melayani, terpercaya dan professional, menggunakan sistem digital untuk uji praktek Sim.

Mekanismenya, diawali dengan datangnya pemohon sim setelah lulus ujian teori yang selanjutnya menuju loket petugas penguji ujian praktek R2 untuk mengambil nomor antrian ujian praktek, setelah nomor urutan antrian terpanggil dan tampil di layar monitor Ruang Tunggu Sanika Satyawada, pemohon sim mencuci tangan dan menuju halaman ujian praktek dengan kendaraan yang sudah disiapkan oleh petugas penguji.

Petugas penguji mengarahkan jalur/rute yang akan dilalui kemudian pemohon sim melalui rintangan ujian praktek SIM R2. Perlu diingat bapak ibu Ketika pemohon sim melaksanakan ujian praktek tersebut, setiap gerakannya diamati oleh CCTV dan sensor yang terpasang pada tiap titik traffic cone di area ujian praktek sim. Data tersebut terekam pada komputer petugas penguji dan secara otomatis mengolah nilai tiap-tiap pemohon sim yang melaksanakan ujian praktek. Setelah selesai ujian praktek pemohon akan diberitahu kelulusannya melalui isyarat suara sirine.

“Kalau tidak salah, baru 6 Polda yang sudah menerapkan sistem digital ini.” Ujar AKBP Doni

Setelah itu bagi pemohon yang ingin melihat kesalahan dalam ujian sebagai bahan evaluasi ujian praktek ulang selanjutnya bisa menuju ruang visualisasi yang berada di samping loket petugas penguji. Dengan melakukan input nomor barcode peserta ujian praktek melalui keyboard komputer pada form yang tampil di layer monitor, setelah itu menekan enter, dan secara otomatis akan muncul preview visualisasi/tayangan ulang ujian praktek yang sudah dilaksanakan.

“Ini yang pertama kali di Indonesia dan terobosan bagus dan semoga bisa diikuti oleh jajaran yang lain.” Tegasnya

Dengan berkurangnya kesempatan interaksi langsung petugas penguji dengan pemohon sim ini Satpas Polres Trenggalek mematuhi protokol kesehatan namun tidak mengurangi porsi pelayanan prima yang harus diberikan kepada masyarakat.

Agar masyarakat merasa nyaman saat menunggu antrian, Polres Trenggalek telah menyiapkan Ruang Tunggu Pemohon Sim Sanika Satyawada yang cukup representatif dan nyaman. Keberadaan ruang tunggu ini adalah kali kedua yang dilakukan polres trenggalek menyusul setelah banyak tanggapan positif dari keberadaan ruang tunggu sebelumnya.

Di dalam Ruang Tunggu Sanika Satyawada dilengkapi dengan panel monitor yang menunjukkan urutan nomor antrian pemohon sim yang akan melakukan ujian praktek. Beberapa fasilitas lainnya adalah wifi gratis full akses, snack/makanan minuman gratis, ruang baca dengan beberapa buku tertib berlalu lintas dan patuh prokes untuk menambah wawasan keselamatan saat berkendara di jalan serta pencegahan covid-19 dan empat charging handphone.

Tidak cukup disitu di beberapa dinding2 ruangan bisa diamati beberapa program unggulan polres trenggalek yang konsisten hingga saat ini diberikan kepada masyarakat.

Selain itu, pada hari yang sama, Polres Trenggalek juga meluncurkan Mobil Incar yang akan dioperasionalkan di wilayah Kabupaten Trenggalek untuk mencegah pelanggaran lalu lintas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Mobil incar ini dilengkapi dengan kamera beresolusi tinggi yang secara real time dan otomatis dapat mengenali obyek-obyek pelanggaran di jalan. Hasil tangkapan-tangkapan pelanggaran yang tertangkap kamera tersebut akan dikirim ke database komputer induk dan melalui komputer induk kemudian administrasi di cetak untuk dikirimkan kepada pelanggar.


Related posts

Malam Minggu dalam Upaya Cegah Kriminalitas di Pertokoan

redaksi

Adakan Patroli Harkamtibmas, Aiptu Suprianto Imbau Warga agar Disiplin Soal Prokes

redaksi

Kapolres Ikuti Rangkaian Ziarah Makam Leluhur Hari Jadi ke-827 Kabupaten Trenggalek

Wong Nggalek