SuaraKawan.com
Jatim Terkini Trenggalek

Kapolres Trenggalek Dalam Deklarasi Anti Narkoba: Sikat Sampai Keakar-Akarnya

Polres Trenggalek – Genderang perang terhadap Narkoba benar-benar ditabuh oleh jajaran Polres Trenggalek. Hal ini tercermin dari deklarasi anti Narkoba yang diikuti oleh seluruh personel Kepolisian Bumi Menak Sopal.

Deklarasi anti Narkoba yang digelar di halaman Mapolres Trenggalek tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. Sabtu, (8/5).

Setiap personel Polres Trenggalek diwajib menandatangani surat pernyataan atau komitmen yang berisi antara lain, tunduk dan patuh terhadap hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di negara Republik Indonesia dan menjunjung tinggi disiplin dan kode etik profesi Polri.

Anggota juga menyatakan telah mengetahui dan memahami akan bahaya narkoba terhadap keselamatan generasi bangsa, oleh karenanya tidak akan menggunakan dan mengkomsumsi Narkoba maupun memfasilitasi orang lain untuk menggunakan barang haram tersebut, tidak melindungi pelaku yang terlibat dalam jaringan Narkoba, dan berkomitmen tidak akan terlibat dalam penyalahgunaan dan peredaran Narkoba.

Disamping itu, bila terbukti melanggar pernyataan ini, bersedia untuk diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku dan siap diberhentikan dari dinas Polri secara tidak hormat.

AKBP Doni menuturkan, perang terhadap Narkoba tidak sebatas pada pengungkapan belaka, tetapi secara internal harus bersih dari Narkoba. Pihaknya mengibaratkan membersihkan lantai yang kotor harus dengan sapu yang bersih pula.

“Tidak ada ruang bagi anggota Polri yang terlibat Narkoba. Sikat sampai ke akar-akarnya.” Tegas AKBP Doni di hadapan anggotanya.

Lebih lanjut AKBP Doni menuturkan, sebagai langkah pencegahan pihaknya telah melakukan pengawasan ketat terhadap jajarannya dengan melibatkan Propam dan unsur terkait. Selain itu, tes urine rutin dilakukan secara mendadak dan acak untuk memastikan tidak ada personel Polres Trenggalek yang memakai Narkoba.

“Kita juga jalin kerjasama dengan BNN Kabupaten Trenggalek untuk memaksimalkan upaya pencegahan maupun pengungkapan kasus.” Imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan deklarasi ini jajaran Polres Trenggalek tidak ada yang bermain-main atau bahkan terlibat dalam jaringan Narkoba. Pihaknya memastikan tidak akan segan untuk menindak tegas.


Related posts

Antisipasi Pergesekan Antar Warga Perguruan Silat, Ajak Pengurus Selalu Duduk Berdampingan

redaksi

Tindak Lanjuti Inpres tentang Disiplin Prokes, Personel Polsek Bendungan tak Bosan Ingatkan Warga agar Pakai Masker

redaksi

Pastikan Bebas Calo, Kasalantas Lakukan Inspeksi di Samsat Paiment Point dan Sampokja

Wong Nggalek