SuaraKawan.com
Politik

KPU JATIM SOSIALISASIKAN PEMUTAKHIRAN DATA PEMILIH BERKELANJUTAN PADA STAKEHOLDER

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Hari ini, Selasa, tanggal 4 Mei 2021, Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur (KPU Jatim) memberikan sosialisasi terkait Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) kepada seluruh stakeholder terkait. Sosialisasi dilaksanakan secara daring, berlangsung dari pukul 13.00 – 14.30 WIB.

Peserta sosialisasi Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 terkait Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2021 meliputi Bawaslu Provinsi Jawa Timur, Biro Pemerintahan dan Otoda Pemprov Jatim, Polda Jatim, Pangdam V Brawijaya, Kanwil Kemenkumham, DP3AK Provinsi Jawa Timur, PPL Kanwil Jatim, Dinsos Provinsi Jawa Timur, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan sebagainya.

Berikutnya hadir dari KPU Jatim, Ketua, Choirul Anam, Divisi Data dan Informasi, Nurul Amalia, serta staf Subbag Program dan Data.

Membuka acara, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menyampaikan tujuan adanya sosialisasi ini. “Sosialisasi ini sebagai tindaklanjut Surat Ketua KPU RI Nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 terkait Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) Tahun 2021. Dimana kegiatan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan akan semakin dimasifkan, KPU RI kedepan juga berniat akan menghapuskantahapan Coklit dikarenakan Coklit menyita banyak anggaran dan tenaga,” jelasnya (4/5/2021).

Menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor 366 ini, sebagaikan dituturkan Anam, KPU Jatim akan melakukan koordinasi dengan instansi-instansi terkait dengan data kependudukan. “Kami, KPU Jatim juga akan melakukan koordinasi secara langsung/ luring untuk menindaklanjuti Surat Ketua KPU RI Nomor 366 tersebut,” tutur Anam.

Menambahkan yang disampaikan Ketua KPU Jatim, Nurul Amalia selaku Komisioner yang emmbidangi data dan informasi, menjelaskan tujuan PDPB.

“Tujuan PDPB (Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan) untuk memperbarui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu atau Pemilihan berikutnya. KPU di tingkatan kabupaten/ kota akan membuka layanan publik untuk pemutakhiran data pemilih baik secara online maupun offline, agar mendapatkan masukan atau tanggapan dari masyarakat, stakeholder terkait, dan parpol. Data yang masuk selanjutnya akan disusun secara kontinu setiap bulan oleh KPU Kabupaten/ Kota,” papar Nurul.

Sehubungan dengan hal tersebut, Divisi Data dan Informasi KPU Jatim ini berharap akan mendapatkan masukan dari seluruh stakeholder. “KPU Jatim pun akan mengadakan rapat koordinasi secara berkala tiga bulan sekali dengan stakeholder terkait,” tutup Nurul.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim


Related posts

SIAPKAN PELAKSANAAN EVALUASI SAKIP, KPU JATIM RAKOR BERSAMA SATKER DI WILAYAHNYA

redaksi

Relasi Disabilitas Lakukan Sosialisasi Pilwali Melalui Zoom

redaksi

TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK, KPU JATIM ADAKAN RAKOR PENGUATAN PPID

redaksi