SuaraKawan.com
Politik

DATANGI KPU JATIM, KPU KOTA SURABAYA KONSULTASI PENGAJUAN HIBAH NON PEMILIHAN

 

Surabaya, kpujatim.go.id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya datangi kantor KPU Jatim di jalan Raya Tenggilis Nomor 1-3 Surabaya siang ini (Senin, 3/5). Kedatangannya kali ini untuk melakukan konsultasi mengenai pengajuan anggaran hibah non pemilihan kepada Pemkot.

Hal ini sebagaimana diutarakan Ketua KPU Kota Surabaya, Nur Syamsi saat menyampaikan maksud kedatangannya ke KPU Jatim.

“Kami ingin meminta petunjuk kepada provinsi mengenai pengajuan hibah non pemilihan, baik itu dari sisi mekanisme maupun penyusunan anggarannya. Rencananya hibah non pemilihan ini akan digunakan untuk melakukan pembiayaan riset mengenai daerah pemilihan, sosialisasi produk hukum, pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, serta hibah tanah dan bangunan,” paparnya (3/5/2021).

Menanggapi Nur Syamsi, Ketua KPU Jatim, Choirul Anam menjelaskan bahwa untuk pengajuan hibah non pemilihan ini ada dasar hukumnya, yakni Surat Keputusan KPU RI Nomor 177/KU.07-Kpt/01/KPU/III/2021.

“Surat Keputusan Nomor 177 ini mengenai perubahan Keputusan KPU Nomor 364/KU.07-Kpt/01/KPU/VII/2020 tentang pedoman perencanaan dan penganggaran hibah daerah non pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota,” tutur Anam.

Melanjutkan yang telah disampaikan, Anam menyarankan kepada KPU Kota Surabaya agar rincian kegiatannya nanti menyesuaikan dengan Surat Keputusan Nomor 177 ini. “Selain itu, hibah non pemilihan sebaiknya diajukan tahun ini, mengingat tahun depan sudah mulai ada kegiatan tahapan pemilihan,” sarannya.

Sementara itu, Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Jatim, Miftahur Rozaq menjelaskan mekanisme pengajuan hibah non pemilihan ini.

“Silahkan Kawan-kawan nanti mengajukan permohonan review RKB ke Sekjen. Setelah masuk ke Sekjen, RKB hibah non pemilihan ini nanti akan ditelaah oleh Biro Perencanaan KPU RI, lalu direview Inspektorat. Barulah setelah proses ini, RKB hasil review bisa diajukan ke Pemkot,” terang Rozaq.

Selain konsultasi mengenai pengajuan hibah non pemilihan, KPU Kota Surabaya juga melakukan konsultasi terkait evaluasi kinerja. Konsultasi disambut langsung oleh Ketua KPU Jatim, Choirul Anam, Divisi Perencanaan dan Logistik, Miftahur Rozaq, Sekretaris, Nanik Karsini, Koordinator PDOS, Suharto, serta Subkoordinator Program dan Data, Nurita Paramita.

(AACS)

Sumber : KPU Jatim


Related posts

KPU Surabaya Mulai Terima Hasil Rekapitulasi Penghitungan Suara Dari Kecamatan

redaksi

19 KPU KABUPATEN/ KOTA DI JAWA TIMUR BUKA PENDAFTARAN BAPASLON, KETUA KPU JATIM BERIKAN SEMANGAT

redaksi

KPA HARUS MAMPU PERKIRAKAN KEBUTUHAN ANGGARAN SAMPAI AKHIR TAHUN 2020

redaksi