SuaraKawan.com
Suara Tanggap

Anggota DPR Berharap Hilangnya KRI Nanggala 402 Jadi Evaluasi Alutsista Indonesia

Anggota Komisi I DPR RI Muhammad Iqbal mendukung langkah-langkah TNI dalam rangka menemukan kapal KRI Nanggala 402 dengan segera, termasuk bekerjasama dengan tentara negara-negara sahabat seperti Singapura, Malaysia, Australia, dan negara lainnya.

“Kerjasama ini diharapkan bisa menemukan titik keberadaan KRI Nanggala 402 dan menyelamatkan semua penumpang yang ada,” kata dia dalam keterangan, Jumat, (23/4/2021).

Ia juga berharap, hilangnya kapal selam KRI Nanggala 402 ini diharapkan bisa digunakan TNI untuk mengevaluasi alutsista yang dimiliki.

Ia menegaskan, TNI harus memastikan bahwa alutsista yang saat ini masih dipergunakan masih dalam keadaan layak untuk dipakai.

“Sehingga menjamin keselamatan pasukan selama bertugas maupun sedang latihan. Dalam rangka evaluasi ini, TNI harus mengaudit alutsista yang dimiliki, sehingga setiap alutsista yang dimiliki bisa diketahui kondisinya,” papar dia.

Terkait belum ditemukannya KRI Nanggala 402, ia juga meminta, agar TNI melakukan penyelidikan, sehingga diketahui dengan pasti penyebab hilangnya kapal tersebut.

“Ini sangat penting dilakukan mengingat kapal selam KRI Naggala 402 ini cukup tua usianya, yaitu diproduksi di Jerman pada tahun 1979, sehingga menimbulkan pertanyaan apakah kapal selam KRI Nanggala 402 masih layak atau tidak untuk dioperasikan,” tutur dia.

Ia juga menekankan, Indonesia perlu mempunyai kapal selam dan kapal perang modern demi menjaga kedaulatan Indonesia yang merupakan negara kepulauan.

“Mari kita berdoa agar kapal selam KRI Nanggala 402 bisa segera ditemukan dan para penumpangnya dalam keadaan selamat. Sehingga Indonesia tidak lagi kehilangan anak-anak bangsa yang mempunyai kontribusi dan kemampuan yang bisa diandalkan untuk negeri ini,” tandasnya. [MT]


Related posts

Enggan Komentari Rencana Pajak Sembako Sepotong-potong, Waka DPR: Kita Tunggu Draft Utuhnya

Redaksi Surabaya

Harap Disimak, Menag Akan Putuskan Soal Haji Pada Kamis

Redaksi Surabaya

Berkat Big Data, Pertamina Bisa Pantau Omset SPBU Secara Real Time

Redaksi Surabaya