SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Langkah Strategis Polres Trenggalek Wujudkan Ramadan Aman dan Sehat

Polres Trenggalek – Memasuki bulan suci Ramadan ini, mungkin ada satu hal yang lepas dari perhatian masyarakat. Guna memberikan rasa aman, Polres Trenggalek menggelar patroli yang bertajuk `Patroli Ngabuburit`, `Patroli Tarawih` dan `Patroli Sahur`.

Patroli Ngabuburit dilakukan mulai dari pukul 16.00 Wib hingga memasuki waktu berbuka puasa. Sasarannya adalah lokasi yang kerap digunakan warga untuk menunggu waktu berbuka serta tempat lain yang dimanfaatkan sebagai lokasi berjualan takjil, makanan dan kebutuhan berbuka puasa.

Sedangkan patroli tarawih merupakan patroli rutin yang fokus pada pengamanan ibadah salat tarawih baik di masjid maupun musala hingga pemukiman penduduk untuk memastikan tidak terjadi pencurian atau tindak kejahatan lainnya saat ditinggal warga.

Sementara patroli sahur adalah patroli yang digelar menjelang waktu sahur mulai pukul 03.00 sampai dengan masuk waktu imsa dilanjutkan dengan salat subuh berjamaah bersama warga setempat. Uniknya, dalam patroli ini, petugas juga membawa kentongan untuk membangunkan warga.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan `Patroli Ngabuburit`, `Patroli Tarawih` dan `Patroli Sahur`. Merupakan upaya Polres Trenggalek untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat sehingga bisa lebih khusyuk dalam menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadan ini.

“Saat ini Polres Trenggalek tengah menggelar operasi keselamatan semeru 2021 yang bertujuan untuk menciptakan Kamtibmas yang kondusif selama bulan suci Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri” Ucap AKBP Doni.

“Kita berupaya memberikan pelayanan terbaik agar masyarakat dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang, nyaman dan khusyuk” Imbuhnya.

Selain itu, lanjut AKBP Doni, pihaknya juga telah menginstruksikan kepada Polsek jajaran untuk melakukan kegiatan yang sama. Tak berhenti disitu, Bhabinkamtibmas juga diwajibkan turun ke desa binaan untuk mengikuti tadarus bersama warga setempat.

Menurutnya, dengan membangun kedekatan bersama warga akan tumbuh kecintaan dan kesadaran secara kolektif untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas yang kondusif.

“Jadi selain terkait keamanan, dalam patroli tersebut kita sosialisasikan tentang tertib berlalu lintas dan mendorong kesadaran warga agar patuh protokol kesehatan mengingat sampai sat ini pandemi Covid-19 belum berakhir” Pungkasnya.


Related posts

Kapolsek Panggul Pimpin Pengamanan Dan Penyekatan Kegiatan Persidangan

redaksi

Ada Semangat Toleransi Dibalik Saber Mantap Polres Trenggalek

Wong Nggalek

Peran Pos Lantas Tangguh Semeru Dalam Akselerasi Penanganan Covid-19 Di Trenggalek

Wong Nggalek