SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Peserta dan Panitia Seleksi Bintara/Tamtama Polri Tandatangani Pakta Integritas

Polres Trenggalek – Proses rekrutmen anggota Polri jenjang Bintara dan Tamtama memasuki babak baru. Sehari setelah pendaftaran ditutup tanggal 12 April 2021 yang lalu, Polres Trenggalek langsung menggelar penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah penerimaan terpadu Bintara dan Tamtama Polri tahun 2021.

Pelaksanaan penandatangan Pakta Integritas yang diselenggarakan di ruang ZI Sanika Satyawada Polres Trenggalek tersebut digelar bersamaan dengan kegiatan yang serupa yang digelar Polda Jawa Timur yang disiarkan secara virtual dan diikuti oleh seluruh Polres jajaran Polda Jawa Timur. Selasa, (13/4).

Kegiatan diawali dengan pengambilan sumpah oleh Kapolda Jatim Irjen Pol Dr. Nico Afinta, S.I.K, S.H., M.H. yang diikuti oleh seluruh panitia, pengawas baik internal maupun eksternal, perwakilan peserta dan orang tua/wali. Hal serupa juga dilakukan oleh panitia dan peserta di tingkat Polres Trenggalek.

Di tingkat Polres Trenggalek penandatanganan sumpah dan pakta integritas dilakukan oleh panitia seleksi yakni, Kabagsumda, Kasiwas, Kasipropam, Paurkes, perwakilan peserta dan orang tua/wali yang sengaja turut dihadirkan. Penandatanganan disaksikan oleh Kapolres Trenggalek didampingi oleh para pejabat utama.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. mengatakan pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas ini merupakan implementasi dari prinsip Betah (Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis) dimana seluruh rangkaian diawasi baik secara internal maupun eksternal.

“Bentuk Komitmen kami untuk melaksanakan proses penerimaan anggota Polri secara terbuka.” Ungkap AKBP Doni.

Pakta Integritas meliputi komitmen menjaga integritas diri dan tanggungjawab serta mengutamakan kepentingan NKRI, bekerja secara profesional dan penuh semangat dan menjunjung tinggi HAM, tidak akan menyalahkangunakan wewenang dan jabatan, menjaga martabat dan mengindarkan diri dari perbuatan tercela, serta melaksanakan seleksi secara jujur, objektif, bersih, transparan, akuntabel, unggul dan kompetitif dan bebas dari KKN.

Selain itu bagi peserta, sanggup mengikuti proses seleksi secara jujur, tidak melakukan KKN, melaporkan kepada panitia dan pengawas jika mengetahui dan menemukan penyalahgunaan wewenang selama proses seleksi dan apabila melakukan penyimpangan bersedia menerima sanksi administrasi dan dinyatakan tidak memenuhi syarat serta siap menjalani konsekwensi hukum.

Sementara itu, Kabagsumda Polres Trenggalek AKP Wajib Santoso, S.H., menuturkan, pengambilan sumpah dan penandatangan pakta integritas hari ini dikhususkan bagi seleksi jenjang Bintara dan Tamtama Polri. Sedangkan untuk jenjang Akpol akan dilaksanakan setelah pendaftaran ditutup tanggal 15 April 2021 mendatang.

“Sampai dengan hari ini, pendaftar keseluruhan yang telah terverifikasi sejumlah 215 orang dengan rincian 181 pria dan 34 wanita. Mereka ini nantinya akan mengikuti tahap seleksi berikutnya” Ujar AKP Wajib


Related posts

Polisi dan TNI di Gresik Dorong Motor Mogok Terobos Banjir Luapan Kali Lamong

redaksi

Kanit Sabhara Polsek Dongko ke Pengelola Taman Bermain Waroe : Terimakasih terapkan Disiplin Protokol Kesehatan

redaksi

Kanit Sabhara Polsek Dongko berikan Sosialisasi dan Teguran pada Pelanggar Prokes

redaksi