SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Gelar FGD, Kapolres Trenggalek: Optimalkan Peran Da`i Kamtibmas dan Da`i Millenial

Polres Trenggalek – Menyikapi dinamika saat ini, diperlukan peran serta seluruh elemen masyarakat untuk menjaga Kamtibmas yang tetap kondusif. Peran serta tokoh masyarakat didukung para Da`i yang memiliki keilmuan agama dan wawasan kebangsaan tinggi sangatlah diperlukan.

Guna mendukung hal tersebut, Polres Trenggalek menggelar Focus Group Discussion (FGD) tentang peran Da`i Kamtibmas dan Da`i Millenial dalam rangla menangkal paham radikalisme dan terorisme khususnya pada bulan suci Ramadhan dan di masa Pandemi Covid-19.

Bertindak selaku nara sumber adalah Kapolres trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si., Kepala kantor Kemenag yang diwakili oleh H. Safa’ Antoni dan Ketua MUI Kabupaten Trenggalek yang diwakili oleh Drs. Jamaludin.

Kegiatan ini selain da`i kamtibmas dan da`i Millenial yang merupakan santri dari berbagai pondok pesantren tersebut juga menghadirkan perwakilan Bhabinkamtibmas dan jajaran Satbinmas yang merupakan koordinator dan pengemban fungsi pembinaan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut AKBP Doni mengukuhkan 20 orang sebagai da`i Kamtibmas dan 35 orang Da`i Millenial yang nantinya akan membantu tugas-tugas Kepolisian dalam upaya memberikan pencerahan tentang agama melalui jalur dakwah yang sejuk.

AKBP Doni menuturkan, keberadaan Da`i Kamtibmas dan Da`i Millenial ini nantinya akan diterjunkan tidak hanya di tengah masyarakat tetapi juga aktif di media sosial memberikan pemahaman dan pengetahuan agama.

“Media sosial menjadi salah satu media yang digunakan untuk menyebarkan paham radikal. Peran aktif dari para Da`i ini yang nantinya diharapkan bisa menangkal dan menggugah semangat kebersamaan, menjaga kerukunan umat beragama.” Ungkap AKBP Doni.

Sementara itu, Drs. Jamaludin menekankan agar da`i kamtibmas maupun da`i millenial ini bisa berperan aktif mewujudkan masyarakat yang damai dan menjadikan NKRI sebagai rumah besar bersama. Perbedaan merupakan anugrah yang selayaknya disyukuri.

Senada, H. Safa’ Antoni meminta agar Dai Kamtibmas maupun Dai millenial senantiasa membangun kesepahaman dan kerukunan antar umat beragama yang terdiri dari berbagai macam suku dan serta berjuang bersama-sama merawat dan menjaga NKRI.


Related posts

Patroli Polsek Dongko Siap Pengamanan Kegiatan Sosialisasi Pemulihan Ekonomi Masyarakat

redaksi

Operasi Yustisi Siang Hari Polsek Prajurit Kulon Amankan 5 Pelanggar Prokes

Redaksi Mojokerto

Latpram Jelang Purna Bakti, Kabagsumda Polres Trenggalek : Tetap Eksis dan Berkarya

redaksi