SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Cakades di Trenggalek Sepakat Sukseskan Pilades Serentak Damai, Demokratis dan Bermartabat

Polres Trenggalek – Gelaran Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tinggale menghitung hari. Guna mendorong situasi tetap aman dan kondusif, Kepolisian Resor (Polres) Trenggalek menginisiasi apel deklarasi pilkades aman dan damai. Kamis, (1/4).

Bertindak selaku pimpinan apel adalah Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si, Bupati yang diwakili oleh Wabup Syah M. Natanegara, Dandim 0806 yang wakili oleh Pasiops Kapten Inf Rohmad Karim.

Dalam kegiatan yang diselenggarakan di halaman Mapolres tersebut, selain personel TNI, Polri dan Muspika jajaran juga menghadirkan para calon Kepala desa sejumlah 40 orang yang akan bersaing dalam Pilkades serentak tanggal 3 April 2021 mendatang serta para Ketua panitia Pilkades dari 15 Desa di 7 Kecamatan.

Puluhan calon Kepala desa tersebut membacakan dan menandatangani deklarasi Pilkades damai yang berisi antara lain sepakat bersama sama mematuhi dan melaksanakan tahapan Pilkades secara damai, sopan, bermartabat dan penuh tanggung jawab, siap mematuhi dan melaksanakan segala ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku, serta mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades serentak.

Selain itu, para calon juga bertekad menciptakan situasi yang kondusif selama pelaksanaan tahapan Pilkades serentak, siap menang dan siap kalah, tidak melakukan pelanggaran serta siap melaksanakan protokol kesehatan dalam rangka menekan penyebaran covid-19.

Apabila melanggar apa yang tercantum dalam deklarasi damai ini, para calon bersedia dikenakan Sanksi moral, sanksi administrasi dan dituntut sesuai peraturan perundang undangan yang berlaku.

Dihadapan para peserta apel, AKBP Doni menegaskan bahwa dengan dilaksanakan deklarasi Pilkades damai ini maka semua berkomitmen harus siap menang dan siap kalah. Hal ini sangat penting agar kondusivitas Kamtibmas selama Pilkades serentak berlangsung tetap aman dan kondusif.

Pihaknya mengingatkan agar setiap calon bisa menjadi teladan bagi masyarakat dan tidak melakukan kecurangan-kecurangan terlebih money politic sehingga terpilih para pemimpin desa yang berkualitas, demokratis dan bermartabat.

“Saya minta kepada seluruh personel yang terlibat benar-benar serius dalam melakukan pengamanan. Tidak ada yang meninggalkan tempat sebelum seluruh rangkaian Pilkades selesai. Tetap jaga netralitas. Ucap AKBP Doni.

Sementara itu Wakil Bupati Trenggalek menekankan tentang komitmen bersama untuk menciptakan Pilkades serentak yang damai dan kondusif. Pihaknya meminta agar setiap calon kepala desa menjunjung tinggi sportivitas dan hindari tindakan tindakan yang dapat melanggar hukum.

“Mengingat Pilkades serentak dilaksanakan di tengah Pandemi Covid-19, maka semua pihak harus tetap mematuhi protokol kesehatan” Ujarnya

Sedangkan Pasiops Kodim 0806 menegaskan tentang kesiapan jajaran Kodim bersinergi bersama Polri dan stakeholder lainnya untuk mengamankan Pilkades serentak serta menekankan tentang netralitas baik kepada panitia maupun setiap personel pengamanan.

Kegiatan ditutup dengan penandatangan deklarasi Pilkades damai oleh seluruh calon kepala desa disaksikan jajaran Forkopimda, undangan dan panitia Pilkades.


Related posts

Imbauan Prokes Pada Warga Di Kawasan Simpang Lima

redaksi

Bersama Elemen ini, Kapolsek Dongko ikut Peninjauan Kesiapan Uji Coba Pembelajaran Tatap muka SMP

redaksi

27 Warga Desa Ngrandu Terima BLT DD Lanjutan Tahap ke II

redaksi