SuaraKawan.com
Nasional

Sudah 1,46 Juta Nakes Divaksin, Kapan Giliran Warga Biasa?

Sebanyak 1,46 juta tenaga kesehatan telah mendapatkan suntikan pertama vaksin Sinovac. Mereka merupakan kelompok prioritas penerima vaksin karena paling rentan terpapar corona.

Lansia

Setelah nakes, lansia di atas 60 tahun yang mendapat giliran. Penyuntikan kepada mereka setelah BPOM mengeluarkan emergency use authorization kepada vaksin Sinovac untuk usai di atas 60 tahun.

Beriringan dengan lansia, petugas publik pun menjadi kelompok prioritas vaksin. Jumlah kedua kelompok ini sekitar 38,4 juta orang.

Petugas Publik

Petugas publik yang sudah mendapat jatah antara lain pedagang, wartawan, dan petugas transportasi umum. Kemudian atlet, polisi, TNI hingga mereka yang bekerja di sektor publiknya disuntik.

Warga Rentan

Setelah mereka, giliran masyarakat rentan yang menerima vaksin. Masyarakat rentan ini juga tinggal di daerah rentan atau zona merah.

Kelompok yang dinyatakan rentan tertular COVID-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia ( WHO) di luar lansia adalah penderita komorbid atau yang memiliki penyakit bawaan, pekerja sektor informal, anak-anak, hingga penyandang disabilitas, dan penderita HIV positif.

Proses penyuntikan untuk kelompok rentan ditargetkan selesai September 2021.

Masyarakat Umum

Setelah kelompok rentan, barulah masyarakat umum yang akan menerima vaksin pada September. Total keseluruhan yang menjadi target sekitar 194 juta dosis berarti untuk 97 juta orang. Ditargetkan proses tersebut selesai pada Maret 2022. [TS]


Related posts

KPK Akan Dalami Keterlibatan Herman Hery dalam Korupsi Bansos

Redaksi Surabaya

Kabareskrim Pastikan Kasus Pelanggaran Prokes Rizieq Shihab Segera Dituntaskan

Wong Nggalek

KPK RI Gelar Rakord Pencegahan Korupsi Bersama Forkopimda Mojokerto

Redaksi Mojokerto