SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Resmikan KTS Desa Winong, Forkopimda Disambut Tarian Blambangan

Polres Trenggalek – Pemerintah kabupaten Trenggalek terus bergerak melakukan berbagai dalam percepatan penanganan penyebaran Covid-19. Salah satunya melalui pemberdayaan masyarakat berbasis kawasan dengan mendirikan Kampung Tangguh Semeru.

Baru-baru ini, Forkopimda Kabupaten Trenggalek kembali meresmikan Kampung Tangguh Semeru tepatnya di Desa Winong Kecamatan Tugu. Selasa, (23/2).

Uniknya, dalam peresmian ini, seluruh perangkat Kampung Tangguh Semeru mengenakan baju adat Jawa. Bukan itu saja, Forkopimda juga disambut dengan tari Blambangan yang dimainkan oleh warga setempat.

Peresmian itu sendiri ditandai dengan pemotongan pita oleh Kapolres Trenggalek yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Mujito, S.H., M.H. dilanjutkan dengan penandatangan prasasti oleh segenap jajaran Forkopimda.

Dalam sambutannya Kompol Mujito menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga desa Winong yang sampai dengan saat ini tetap konsisten melakukan berbagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 serta mendukung berdirinya Kampung Tangguh Semeru

“Desa winong sangat luar biasa dalam kesiapan, pencegahan dan penanggulangan covid 19. Dari sekian Kampung tangguh yang telah diresmikan desa winong adalah salah satu yang terbaik.” Ucap Kompol Mujito

Meskipun Kabupaten Trenggalek telah masuk zona oranye, Kompol Mujito meminta agar masyarakat khususnya yang berdomisili di kawasan Kampung Tangguh Semeru agar tidak lengah dan terus mematuhi protokol kesehatan. Warga harus bisa menjadi contoh dan teladan bagi desa-desa yang lain.

“Mari semarakan peran aktif warga, satgas covid  dan kampung tangguh Semeru untuk menekan penyebaran covid 19.” Imbuhnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas yang tidak perlu guna mencegah penularan dan penyebaran covid 19 terlebih lagi PPKM masih berlanjut hingga tanggal 8 Maret 2021.

Dalam kesempatan tersebut, selain meninjau beberapa fasilitas penunjang kampung tangguh semeru seperti posko, ruang isolasi, ruang observasi, lumbung pangan dan dapur umum, Forkopimda juga meresmikan Pos kamling guyub rukun selawawe desa setempat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain, Muspika Kecamatan Tugu, tiga pilar desa Winong, perangkat desa, gugus tugas Covid-19 serta perwakilan tokoh masyarakat.

Related posts

TNI dan Polri Bersinergi Dalam Pengamanan Kunker Ketua Tim Penggerak PKK

redaksi

Antisipasi Kriminalitas, Polsek Plumpang Patroli Perbankan ATM BRI.

redaksi

Kapolda Jatim Akan Memberikan Alat Testing, Di KTS Posko PPKM Sumberharjo, Pacitan. Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Nico Afinta bersama Pejabat Utama Polda Jatim dan Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko, Minggu siang (14/2/2021) melakukan pengecekan Posko PPKM Mikro di Kampung Tangguh Semeru (KTS) desa Sumberharjo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Dalam kunjungannya di Posko KTS ini Kapolda Jatim bersama rombongan langsung melihat kesiapan dalam melaksanakan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Imendagri) Nomor 3 tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berkala Mikro, dan Pembentukan Posko Penanganan Covid-19 di tingkat Desa dan Kelurahan, khususnya di Desa Sumberharjo, Kabupaten Pacitan ini. Kapolda melakukan pengecekan ruangan, baik tempat isolasi, dapur umum, maupun tenaga kesehatan dan struktur organisasi PPKM di RT/RW yang sudah di bentuk, dari mulai pencegahan dan satgas yang lain. “Sudah disediakan dari mulai tempat penangan sesuai dengan satgasnya, kemudia juga ada tempat untuk melaksanakan pemeriksaan, ruang isolasi, termasuk dapur umum,” tandasnya Irjen Pol Nico Afinta, Usai melakukan pengecekan Posko PPKM. “Tujuan kami mendorong dan membentuk, tidak hanya di Pacitan, tapi juga di daerah yang lain. Harapannya ujung terdepan adalah RT ke desa dan ke kecamatan secara berjenjang, kami dari Polda pastinya akan membackup, dan mohon dukungan masyarakat, supaya pelaksanaan PPKM Mikro ini bisa dilakukan dan di taati,” jelasnya Kapolda Jatim dihadapan awak media. Kapolda menambahkan. Untuk menghadapi Covid-19 kita terus berusaha berjuang dan vaksinasi terus berjalan, masyarakat diminta untuk lebih disiplin terutama mematuhi protokol kesehatan dengan 5M. Untuk kampung tangguh di Desa Sumberharjo ini menurut Kapolda Jatim sudah bagus, bahkan Kapolseknya sendiri juga mendapat penghargaan dari Kapolda. Diharapkan, Kepala Desa dibantu dengan masyarakat bisa melaksanakan masalah kuratifnya untuk pengobatan. Polda Jatim akan mengupayakan untuk kebutuhan testing, tracing, dan treatment. “Kami akan berkoordinasi dengan bapak Bupati dan ibu Gubernur. Kebutuhan testing itu merupakan salah suatu bagian penting. Kami dari Polda juga akan mendukung dengan tim kesehatan untuk memberikan alat testing disini,” punglasnya Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta.

redaksi