SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Modus Penggandaan Uang, Warga Trenggalek Kehilangan Belasan Juta Rupiah

Polres Trenggalek – Kepolisian Resor Trenggalek mengamankan seorang pria lantaran diduga kuat telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan berkedok penggandaan uang. Akibat aksinya tersebut, seorang warga Trenggalek harus kehilangan uang belasan juta rupiah.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni satria Sermbiring, S.H., S.I.K., M.Si. dalam konferensi pers yang digelar di taman batu sanika satyawada mapolres Trenggalek kejadian tersebut. Sabtu, (13/2).

“Iya benar, ada tiga orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Satu orang berinisial HR berhasil kita amankan. Dua orang lainnya MD dan EK kita tetapkan sebagai DPO dan masih dilakukan pengejaran. Ketiganya Warga Kabupaten Malang.” Ungkap AKBP Doni.

AKBP Doni menuturkan, modus pelaku adalah dengan bujuk rayu  menjanjikan dapat menggandakan uang milik korban dengan cara melakukan ritual- ritual tertentu.

Korban kemudian diminta menyerahkan uang sejumlah Rp. 17 juta kepada tersangka dengan dalih uang Tersebut akan dibelikan seekor sapi yang akan digunakan sebagai tumbal. Tak berhenti disitu, tersangka juga meminta uang kepada korban sejumlah uang Rp. 3 juta dengan alasan membeli gentong sebagai alat ritual penggandaan uang.

Selang beberapa hari kemudian korban menerima gentong tersebut dan tersangka memberi syarat bahwa gentong tersebut boleh dibuka setelah tiga hari dan uang akan muncul berlimpah dari dalam gentong. Namun setelah dibuka gentong ternyata gentong dalam kondisi kosong dan tidak ada uang sama sekali. Merasa dirugikan, korban kemudian melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian.

Atas kejadian tersebut, petugas melakukan penyelidikan lebih mendalam hingga berhasil menangkap para tersengka berikut barang bukti berupa tiga buah gentong, kendi, dupa, minyak serimpi, kain kafan, satu plastik tanah, bukti transfer, buku rekening, ATM, san sebuah handphone.

“Terhadap para tersangka dikenakan pasal 378 atau 372 KUHPidana” Pungkasnya

Related posts

Inspiratif. Jelang Hari Korpri, ASN Polres Trenggalek Gelar Aksi Sosial

Wong Nggalek

Wakapolda Jatim dan Kasdam V / Brawijaya Dampingi Gubernur Jatim Resmikan RS Lapangan Di Madiun

redaksi

Langkah Preventif Humanis Polres Trenggalek Tangkal Penyebaran Covid-19 di TPI Watulimo

Wong Nggalek