SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Bhabinkamtibmas Sebagai Tracer, Langkah Cepat Polres Trenggalek Cegah Penyebaran Covid-19

Polres Trenggalek – Peran Bhabinkamtibmas dalam upaya pencegahan Covid-19 bisa dikatakan cukup vital. Sebagai garda terdepan bidang keamanan di tingkat desa, Bhabinkamtibmas turut ambil bagian dalam berbagai kegiatan mulai dari sosialisasi, kampanye prokes, evakuasi hingga pemakaman warga yang terindikasi terkonfirmasi Covid-19.

Guna memantapkan kontribusinya, Polres Trenggalek menggelar Apel Kesiapan Bhabinkamtibmas sebagai tracer dan operator Bersama Lawan Covid-19 (BLC) yang diselenggarakan di halaman Mapolres Trenggalek. Jum`at (12/2).

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. yang bertindak selaku pimpinan apel menegaskan, sebagai pelayan Bhabinkamtibmas harus terus semangat dan bekerja keras demi mewujudkan Kabupaten Trenggalek bebas dari Covid-19.

“Polres Trenggalek telah menyiapkan 157 orang Bhabinkamtibmas yang bertugas sebagai tracer. Melakukan deteksi dini, sosialisasi, pencegahan secara humanis menggugah kesadaran warga. Bila ada yang diindikasikan untuk dilaporkan dan ditangani dengan baik,” Jelas AKBP Doni.

Selain itu, Bhabinkamtibmas juga bertindak sebagai operator BLC yang bertugas memantau perilaku kepatuhan protokol kesehatan dan kerumunan di desa binaan masing-masing serta melaporkan melalui aplikasi yang telah disediakan.

Sasarannya adalah pasar, mall, tempat ibadah, tempat transportasi publik, tempat olahraga publik, restoran/kedai, tempat wisata, jalan umum, dan lokasi lainnya yang berpotensi menjadi tempat kerumunan masyarakat.

“Saya tekankan, agar dalam pelaksanaannya Bhabinkamtibmas senantiasa berkoordinasi dan sinergi bersama unsur terkait, mulai dari ketua RT/RW, Kepala Desa atau Lurah, Linmas, Babinsa, Satgas Covid-19, dan tokoh masyarakat serta Posko PPKM sehingga hasil yang kita harapkan lebih optimal” Imbuhnya.

Usai apel, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan yang dipimpin langsung oleh Kasatbinmas AKP Suyono, S.H., M.Hum. terkait dengan langkah teknis Bhabinkamtibmas sebagai tracer dan operator BLC.


Related posts

Pohon Ambruk Melintang Jalan, Polisi Lakukan Evakuasi

Wong Nggalek

Patroli Polsek Tugu Ingatkan Warga agar Pakai Masker

redaksi

Rapat Pleno Terbuka Di Kecamatan Pule

redaksi