SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Bupati Trenggalek Jadi Orang Pertama Disuntik Vaksin Covid-19

TRENGGALEK – Jajaran Forkopimda Kabupaten Trenggalek mengikuti kegiatan vaksinasi Covid-19 yang digelar serentak se Kabupaten Trenggalek. Pencananganan vaksinasi tahap pertama ini digelar di pendopo Manggala Praja Nugraha Kabupaten Trenggalek. Jum`at, (29/1).

Pencanangan vaksinasi dibuka oleh Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin sekaligus sebagai orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19 dilanjutkan dengan beberapa orang lainnya antara lain, wakil ketua DPRD, Dandim 0806, Kapolres Trenggalek, Kepala PN, Kajari, perwakilan pemuda muhammadiyah, GP ansor, Bamag dan perwakilan dari masyarakat.

Dalam sambutannya Bupati menekankan bahwa di Kabupaten Trenggalek sudah terjadi tranmisi lokal. Kondisi ini harus menjadi perhatian semua pihak. Salah satu langkah penyembuhan sekaligus pengurangan trasmisi adalah melalui vaksinasi.

“MUI telah menyatakan vaksinasi ini murni  aman dan Halal.” Ujar Bupati yang kerap disapa Cak Ipin ini.

Sementara itu, Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. yang turut hadir dan mengikuti vaksinasi tersebut menuturkan pihaknya sangat mendukung kegiatan vaksinasi tersebut.

Untuk memastikan seluruh rangkaian proses vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar, pihaknya menurunkan personelnya untuk mengamankan dan menjaga tempat penyimpanan sekaligus proses vaksinasi yang digelar serentak hari ini dari tingkat Kabupaten dan Kecamatan yang diselenggarakan di masing-masing puskesmas.

“Vaksinasi ini bertujuan untuk menurunkan angka kematian, mencapai kekebalan tubuh bagi penerima vaksin” Ujar AKBP Doni

“Kami dari Kepolisian memberikan support penuh kepada pemerintah daerah sebagai langkah penanganan penyebaran Covid-19” Imbuhnya.

Sebagai informasi, setiap penerima vaksin wajib mengikuti beberapa alur diantaranya pendaftaran dan pendataan, kemudian dilakukan screening untuk melihat kondisi kesehatan apabila terdapat penyakit penyerta, dilanjutkan pemberian vaksinasi dan pencatatan. Setelah dilakukan observasi penerima vaksin akan mendapatkan kartu vaksinasi.

Untuk tahap pertama ini, kabupaten Trenggalek telah menerima 2.000 vaksin Covid-19 dan sudah didistribusikan ke setiap puskesmas se Kabupaten Trenggalek. Vaksin ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan. Dalam waktu dekat Kabupaten Trenggalek akan kembali menerima sebanyak 4.000 vaksin.


Related posts

Terapkan PPKM Mikro, Forkopimda Trenggalek Tinjau Desa Sukorejo

Wong Nggalek

Jadi Padal Penyekatan, Kapolsek Dongko : Siap Laksanakan Tugas

redaksi

Disiplin Prokes Guna Tekan Penularan Covid19 Kapolsek Ujungpangkah Bagi masker Gratis

redaksi