SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Dibantu Polisi, Usaha Bonsai Kelapa Bisa Warga Jadi Penghasilan Alternatif

Polres Trenggalek – Kelapa memanglah salah satu buah yang yang multifungsi. Dari akar hingga daunnya bisa dimanfaatkan jadi berbagai macam barang sesuai dengan kebutuhan. Maka tak heran, jika ada yang mengkreasikan buah kelapa jadi tanaman bonsai.

Seperti yang dibuat oleh Sukrisyono ini, melalui tangan kreatifnya ia berhasil sulap tunas kelapa jadi tanaman bonsai yang cantik nan indah. Bahkan, beberapa bonsai kelapanya sudah terjual ke rekan kerjanya.

Ide brilian yang Sukrisyono tekuni saat ini ternyata tidak muncul dari dirinya sendiri, melainkan ada yang mendorongnya dari belakang.

Ia adalah Aiptu Hermanto, seorang polisi yang bertugas di Polsek Suruh dan menjabat sebagai Kanit Binmas.

Dibawah binaan Aiptu Hermanto, akhirnya pria yang kesehariannya sebagai pekerja harian lepas di Polsek Suruh ini, kini bisa memiliki penghasilan tambahan.

Kepedulian Aiptu Hermanto pada Sukrisyono berawal dari ketelatenan dan juga potensi yang dimiliki Sukrisyono saat berada di Polsek Suruh.

Sambil manfaatkan waktu luang, sedikit demi sedikit Aiptu Hermanto mengajari Sukrisyono bagaimana cara mengkreasikan bonsai. Dan setelah berproses, ternyata bonsai kelapa yang dibuat Sukrisyono mulai dilirik pecinta bonsai.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sukrisyono, menurutnya tanpa adanya dukungan dan bantuan dari Aiptu Hermanto, mungkin dirinya takkan pernah bisa membuat bonsai seperti saat ini.

Dalam waktu dekat, targetnya mereka akan buat paguyuban pecinta bonsai kelapa di Trenggalek. Dengan tujuan selain untuk mengembangkan pengetahuan tentang bonsai juga untuk mempermudah pemasaran.

Sementara itu, Kasatbinmas Polres Trenggalek AKP Suyono, S.H., M.Hum. mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Aiptu Hermanto tersebut. Menurutnya, kreatifitas, minat dan bakat yang ada bisa dikembangkan menjadi usaha yang memiliki nilai jual cukup tinggi.

“Kita punya program Bhabinkamtibmas Pioner, yakni bagaimana polisi khususnya Bhabinkamtibmas yang membawahi desa binaan bisa mengembangkan usaha UMKM masyarakat setempat dengan melihat potensi yang ada.” Ujar AKP Suyono

Pihaknya menambahkan, program ini sudah berjalan dan akan terus dikembangkan, termasuk diantaranya adalah bonsai kelapa seperti yang telah dilakukan oleh Kanitbinmas Polsek Suruh tersebut.

“Nantinya kita berikan pelatihan melibatkan pihak yang memang berkompeten, Mulai dari proses produksi, manajemen hingga pemasarannya.” Pungkasnya.


Related posts

Kapolres Trenggalek Dalam Deklarasi Anti Narkoba: Sikat Sampai Keakar-Akarnya

Wong Nggalek

Antisipasi Covid 19, SMPN 2 Terapkan Protokol Kesehatan Dalam Pembelajaran

redaksi

Sukseskan Pilkades Serentak, Polres Trenggalek Gelar Operasi Khusus

Wong Nggalek