SuaraKawan.com
Jatim Mojokerto

Inspiratif, Polisi Mojokerto Blusukan Kampung Ajak Bermain Anak-Anak dan Bagikan Buku

MOJOKERTO – Dampak Pandemi Covid-19 cukup berpengaruh terhadap hampir semua lini kehidupan masyarakat termasuk diantaranya adalah dunia pendidikan. Sejak awal pandemi, proses pembelajaran di sekolah terpaksa dilakukan secara virtual atau daring.

Dengan sisitem daring ini, tentu pengawasan mutlak berada ditangan para orang tua untuk mengontrol kegiatan belajar maupun aktivitas lainnya. Tak jarang, anak-anak juga merasakan kejenuhan karena harus mantengin gadget setiap saat.

Menyikapi hal tersebut, Satlantas Polres Mojokerto tak tinggal diam. Melalui Unit Dikyasa, petugas kepolisian yang membidangi kelalulintasan ini blusukan ke kampung-kampung, desa dan pemukiman warga.

Blusukan ini bukan tanpa sebab, melainkan untuk memberikan warna tersendiri bagi anak-anak khususnya usia sekolah dasar dengan menggelar kegiatan edukasi berupa berbagai permainan bersama. Bukan itu saja, petugas juga membagikan buku bacaandan masker kepada semua anak-anak yang ditemuinya.Sabtu, (9/1).

Kasatlantas Polres Mojokerto AKP Randy Asdar, S.Kom., S.I.K., mengatakan anak-anak merupakan generasi masa depan bangsa yang harus mendapat perhatian lebih. Apalagi di masa pandemi Covid-19 yang membuat ruang gerak mereka menjadi sangat terbatas.

“Iya benar, hari ini kita kumpulkan sejumlah anak-anak di desa Kebondalem Kecamatan Mojosari.” Ungkap AKP Randy.

“Kita berikan edukasi, game-game seru, permainan tradisional dan kita bagaikan buku untung masing-masing anak yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi, menambah wawasan, pengetahuan dan tentunya mengisi waktu luang di masa pandemi ini.” Imbuhnya

Metode yang diterapkan oleh petugas pun menyesuaikan dengan usia anak-anak. Semua dikemas dalam bentk kegiatan yang menyenangkan dan disisipkan pesan-pesan edukatif tentang kelalulintasan, nasionalisme termasuk pencegahan Covid-19.

Pihaknya berharap dengan cara ini, setidaknya dapat membantu anak-anak mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dan menyalurkan bakat, minat dan waktu dengan aktivitas positif demi masa depan Indonesia yang lebih baik.


Related posts

Peringati HUT ke-75 Brimob, Polres Trenggalek Berikan Tali Asih Purnawirawan

Wong Nggalek

Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam, Kapolres Trenggalek: Tingkatkan Sinergitas Penanganan

Wong Nggalek

Sambangi Lokasi Wisata, Polisi Imbau Warga Patuhi SE Bupati Trenggalek

Wong Nggalek