SuaraKawan.com
Hukrim Jatim Trenggalek

Kurun Waktu Tahun 2020, Polres Trenggalek Berhasil Selesaikan Sejumlah Kasus Menonjol

Polres Trenggalek – Angka kriminalitas yang ditangani oleh jajaran Polres Trenggalek mengalami penurunan cukup signifikan. Tahun 2019, Polres Trenggalek menangangi sedikitnya 217 kasus, sedangkan tahun 2020 sebanyak 180 kasus dengan tingkat penyelesaian perkara mencapai 87,2%.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. saat menggelar Konferensi Pers akhir tahun yang diikuti oleh sejumlah awak media di Mapolres. Selasa, (29/12).

“Kejahatan konvensional didominasi kasus penipuan sebanyak 28 kasus. kejahatan transnasional diantaranya cyber crime atau ITE 7 kasus dan kejahatan terhadap kekayaan negara berupa ilegal logging sebanyak 7 kasus.” Jelas AKBP Doni.

Selain itu, Polres Trengggalek juga berhasil menyelesaikan beberapa kasus menonjol dan menjadi perhatian publik diantaranya pengeroyokan, kekerasan terhadap anak, pelemparan bom molotof dan pencurian dengan kekerasan (Curas).

Pada bidang lalu lintas lanjut AKBP Doni, sepanjang tahun 2020 terjadi sebanyak 437 kecelakaan dengan korban meninggal 58 orang, luka berat 6 dan luka ringan 522 orang. Angka ini turun 19,7% dibandingkan tahun 2019.

Yang menarik adalah, dari aspek usia korban kecelakaan lalu lintas, 237 atau 30% diantaranya adalah berusia produktif antara 16-30 tahun. Sedangkan pada aspek profesi 120 atau 21% diantaranya masih berstatus pelajar.

“Hal ini harus menjadi perhatian semua pihak untuk bersama-sama menjaga keselamatan generasi muda kita khususnya para pelajar dengan lebih memasifkan sosialisasi tertib berlalu lintas melibatkan stakeholder terkait. Dimulai dari keluarga, sekolah dan lingkungan sekitar.” Ujar AKBP Doni.

Dalam rangka cipta kondisi Kamtibmas yang kondusif, lanjut AKBP Doni, pihaknya telah melakukan langkah-langkah strategis, diantaranya adalah perang terhadap Narkoba dan peredaran Miras ilegal di wilayah Kabupaten Trenggalek.

Dalam satu tahun terakhir Polres Trenggalek telah mengungkap 69 kasus miras dengan barang bukti mencapai 3.233 botol miras berbagai merek dan 45 jeriken jenis arak.

Tak berhenti disitu, jajaran Satresnarkoba juga berhasil mengungkap 33 kasus Narkoba. 13 diantaranya adalah jenis shabu dan 20 kasus Okerbaya  dengan barang bukti 13,02 gram Shabu dan 7.958 butir pil yang masuk dalam kategori daftar G.

“Secara umum situasi dan kondisi Kamtibmas Kabupaten Trenggalek selama kurun waktu tahun 2020 dalam keadaan aman dan kondusif” Pungkasnya.


Related posts

Untuk Kesadaran Disiplin Protokol Kesehatan, Polisi Dongko rela Siang Malam lakukan ini

redaksi

pantau prokes di swalayan antisipasi kerumunan warga

redaksi

Satreskrim Polres Trenggalek Gelar Olah TKP Dugaan Kerusakan Lingkungan di Watulimo

Wong Nggalek