SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Pantau Operasi Yustisi dan Rapid Test Antigen, Kapolres Trenggalek: Cegah Meluasnya Covid-19 Saat Nataru

Polres Trenggalek – Jajaran Forkopimda Trenggalek meninjau langsung operasi yustisi penegakan disiplin protokol kesehatan yang dibarengi dengan Rapid Test Antigen yang digelar di pintu masuk Kabupaten Trenggalek tepatnya di Jalan raya Trenggalek-Tulungagung masuk Desa Baruharjo Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek. Kamis, (24/12).

Kegiatan diawali dengan apel bersama seluruh personel yang terlibat diantaranya anggota Polres Trenggalek, Kodim 0806, Satpol PP, Dishub, tenaga kesehatan dari Dinkes dan Puskesmas Baruharjo serta Muspika Kecamatan Durenan.

Kapolres Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menuturkan, pihaknya sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran Covid-19 melalui operasi yustisi dan Rapid Test Antigen tersebut.

Menurutnya, angka terkonfirmasi Covid-19 yang masih terus bertambah harus direspon cepat dan segera diambil tindakan agar penyebaran tidak semakin meluas. Salah satunya dengan langkah Rapid Test Antigen yang dilakukan dengan skla prioritas bagi warga yang berasal dari luar Kabupaten Trenggalek yang memiliki niat atau tujuan untuk bermalam di Trenggalek.

“Selama ini kegiatan penertiban maupun operasi yustisi sudah rutin dilakukan oleh jajaran Polres Trenggalek bersama dengan Kodim 0806 Trenggalek, namun dalam rangka perayaan Natal dan tahun baru 2021 akan disertai dengan Rapid Test Antigen untuk mendeteksi dan mencegah kluster baru di Trenggalek.” Ujar AKBP Doni.

Masih kata AKBP Doni, saat ini Polres Trenggalek tengah menggaler operasi lilin semeru 2020 dan sudah mendirikan pos pengamanan serta menempatkan personel di tempat-tempat strategis maupun obyek wisata yang salah satu tugasnya adalah melakukan sosialisasi dan edukasi terkait dengan prtotokol kesehatan termasuk dapat digerakkan membackup dalam penertiban atau operasi yustisi.

“Untuk pemberlakuan jam malam sementara ini tidak ada, tetapi kita tetap antisipasi dengan pembatasan di tempat-tempat tertentu yang berpotensi terjadinya kerumunan.” Imbuhnya

Lebih lanjut AKBP Doni menegaskan bahwa saat ini Kapolri telah menerbitkan Maklumat nomor: Mak/ 4 /XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, tanggal 23 Desember 2020.

Adapun isi dari maklumat tersebut antara lain untuk tidak menyelenggarakan pertemuan/kegiatan yang mengundang kerumunan orang banyak di tempat umum berupa perayaan Natal dan kegiatan keagamaan di luar tempat ibadah, pesta/perayaan malam pergantian tahun, arak-arakan, pawai dan karnaval dan pesta penyalaan kembang api.

“Mari bersama kita patuhi maklumat ini dengan penuh kesadaran untuk Trenggalek bebas dari Covid-19” Ujarnya

Sementara itu, Bupati Trenggalek H.M. Nur Arifin menegaskan bahwa operasi  yustisi gabungan dilaksanakan dalam rangka memitigasi risiko penyebaran Covid-19 menjelang perayaan Natal tahun 2020 dan tahu baru 2021 serta dalam rangka pengurangan risiko di dalam wilayah Trenggalek.

“Pelaksanaan operasi yustisi dan Rapid Test Antigen dilakukan akan secara bertahap dan dibagi menjadi beberapa fase dan di laksanakan di wilayah perbatasan antar kabupaten dan dilaksanakan secara random kepada pelaku perjalanan yang masuk ke Trenggalek saat libur Natal dan tahun baru dengan biaya gratis” Ujarnya.

Dari pelaksanaan operasi yustisi serta 59 sampel Rapid Test Antigen secara random, keseluruhan menunjukkan hasil non rekatif. Operasi Yustisi dan Rapid Test Antigen itu sendiri menurut rencana akan dilaksanakan mulai hari ini hingga tanggal 4 Januari 2021 mendatang.


Related posts

Pengumunan Rikmin Awal, Ratusan Pemuda Asal Trenggalek Dinyatakan Lolos Seleksi

Wong Nggalek

Polres Tuban Gelar Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1442 H

redaksi

Bersama Elemen ini, Kapolsek Dongko ikut Peninjauan Kesiapan Uji Coba Pembelajaran Tatap muka SMP

redaksi