SuaraKawan.com
Jatim Trenggalek

Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam, Kapolres Trenggalek: Tingkatkan Sinergitas Penanganan

Polres Trenggalek – Kepala Kepolisian Resor Trenggalek AKBP Doni Satria Sembiring, S.H., S.I.K., M.Si. turut hadir dalam apel pembukaan pelatihan penanggulangan bencana alam dan tsunami yang digelar di alun-alun Kabupaten Trenggalek. Senin, (14/12)

Dalam acara yang diselenggarakan oleh Korem 081 Madiun tersebut bertindak selaku pimpinan apel adalah Bupati Trenggalek yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Kabupaten  Trenggalek Drs Widarsono MM. Sedangkan perwira Apel di jabat oleh Kapten Inf Panut dan komandan apel Kapten Inf Supoto.

Prosesi pembukaan pelatihan ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyelanggara kepada tiga orang perwakilan yakni Lettu Chb Permadi, Serma Suroso dan Anggota BPBD Trenggalek.

Dihubungi terpisah, AKBP Doni menuturkan, wilayah Kabupaten Trenggalek memang didominasi oleh pegunungan dan perbukitan. Kondisi ini menyebabkan kabupaten Trenggalek cukup rentan terjadi bencana alam seperti tanah longsor maupun banjir.

Pada sisi yang lain, Kabupaten Trenggalek memiliki tiga wilayah pesisir yakni Watulimo, Panggul dan Munjungan yang tentunya juga tak lepas dari ancaman bahaya tsunami.

“Jadi sangat tepat jika pelatihan penanggulangan bencana alam ini di laksanakan di Kabupaten Trenggalek sehingga masyarakat bisa lebih responsif dan dapat menekan fatalitas korban bencana.” Ujar AKBP Doni.

Disamping itu, lanjut AKBP Doni, dengan latihan ini, koordinasi dan kolaborasi dari masing-masing instansi dalam penanganan dan penanggulanan bencana menjadi lebih efektif dan efesien.

“Sangat mendukung dan kita akan bantu dalam hal personel, sarana prasarana dan pengamanan saat pelaksanaan nanti” Imbuhnya.

Sementara itu, Drs Widarsono dalam amanatnya mengatakan langkah tanggap bencana tidak bisa dilakukan oleh satu pihak saja, namun harus dibarengi dengan sinergitas dari beberapa pihak dengan metoda gotong royong.

Dengan latihan penanggulangan bencana alam dapat menyamakan pola sikap dan pikir dalam penanganan bencana alam. Selain, dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan personel sesuai dengan SOP dalam penanganan bencana alam.

“Kami mengharapkan kepada para peserta latihan untuk mengikuti proses latihan dengan sungguh – sungguh serta saling berkoordinasi antar instansi dan menerapkan protokol kesehatan selama kegiatan berlangsung.” Ujarnya

Kegiatan pelatihan penanggulangan bencana alam dan tsunami itu sendiri menurut rencana akan digelar selama 3 hari kedepan mulai tanggal 14 sampai dengan 16 Desember 2020 dan fokus kegiatan akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Watulimo.

Turut hadir dalam dalam acara tersebut Kasrem 081 Madiun Letkol Arh Hany Mahmudi S.E., Dandim 0806 Trenggalek Letkol Arh Uun Samson Sugiharto S.I.P. M.I.Pol., Dandim Madiun selaku Koordinator Latihan Letkol Inf Edwin Charles, Dandim Tulungagung Letkol Inf Mulyo Junaidi S.E., M.Tr (Han)., Ketua DPRD . H Samsul Anam S.H., M.Hum., Ketua PN Trenggalek Deny Riswanto S.H. M.H., kepala OPD terkait serta tamu undangan lainnya.


Related posts

Pantau Pengamanan Pilkada, Tim Supervisi Mabes Polri Kunjungi Polres Trenggalek

Wong Nggalek

Dorong Kamseltibcarlantas Kondusif, Satlantas Polres Mojokerto Gelar Patroli Dialogis

Wong Nggalek

Wajib Berhenti Semua Kendaraan Di Chek Point Terminal Durenan, Petugas Awasi Langsung

redaksi